Ticker

4/recent/ticker-posts

Materi Jenis-jenis Rem Tromol Paling Lengkap

Assalamu'alaikum Sobat sahabat-ilmu.com - kita sering menjumpai berbagai macam jenis rem tromol pada kendaraan. Oleh karena itu kali ini kita akan mempelajari materi tentang jenis-jenis rem tromol di bawah ini. 
  1. Rem Tromol Tipe  Single Servo (Tipe Leading-Trailing)
  2. Rem Tromol Tipe Two Leading
  3. Rem Tromol Tipe Dual Two Leading
  4. Rem Tromol Tipe Uni Servo
  5. Rem Tromol Tipe Duo Servo
Pembahasan berikut ini dapat menjawab, "Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis rem tromo?" Berikut ini merupakan penjelasan macam-macam rem tromol pada kendaraan.

Jenis-jenis Rem Tromol

a. Rem Tromol Tipe Mekanik atau Non-Servo

Rem tromol non-servo adalah suatu jenis rem tromol yang cara kerjannya dengan cara menggerakan nok pin atau tuas mekanik untuk mengembangkan sepatu rem agar bergesekan dengan tromol. Biasanya digunakan pada  kendaraan roda dua untuk yang menggunakan nok. Sedangkan menggunakan tuas digunakan pada rem parkir kendaraan roda empat atau lebih.

https://www.sahabat-ilmu.com/2017/10/materi-jenis-jenis-rem-tromol-paling.html

Rem Tromol Belakang Sepeda Motor             Rem Tromol Depan Sepeda Motor
Tipe Leading Trailing                                 Tipe Two Leading


b. Rem Tromol Tipe Single Servo (Tipe Leading-Trailing)

Rem Tromol Tipe Single Servo (Tipe Leading-Trailing) adalah suatu jenis rem tromol yang dimna hanya menggunakan satu silinder roda saja dengan letak di atas dengan posisi horisontal pada backing plate. Ketika terjadi pengereman maka sepatu rem depan akan menghasilkan gaya pengereman kuat yang disebut leading shoe, sedangkan sepatu rem belakang akan menghasilkan gaya pengereman lemah yang disebut trailing shoe.


Gambar Rem Tromol Tipe Single Servo (Tipe Leading-Trailing)


c. Rem Tromol Tipe Two Leading

Rem Tromol Tipe Two Leading adalah suatu jenis rem tromol yang mempunyai dua silinder roda jenis satu piston. Kelebihan tipe ini yaitu : Saat kendaraan maju kedua sepatu rem menjadi leading shoe sehingga daya pengereman baik. Kekurangan tipe ini : Saat kendaraan mundur kedua sepatu rem menjadi trailing shoe sehingga daya pengereman kurang baik. Rem tromol two leading cocok digunakan untuk rem bagian depan kendaraan.


Rem Tromol Tipe Two Leading

d. Rem Tromol Tipe Dual Two Leading

Rem Tromol Tipe Dual Two Leading adalah salah satu jenis rem tromol penyempurnaan uni-sevo yang memiliki dua silinder roda jenis dua piston pada setiap silindernya. Selama silinder roda medorong kedua sepatu rem saat rem bekerja, Sehingga kedua sepatu rem memiliki gaya pengereman yang tinggi pada tromol tanpa dipengaruhi oleh gerak arah putaran roda. Pada umunya digunakan untuk rem bagian belakang pada kendaraan bus dan truk.



e. Rem Tromol Tipe Uni-Servo

Rem tromol tipe uni-servo adalah suatu jenis rem tromol yang memiliki dua silinder roda jenis satu piston yang terletak segaris horisontal, sehingga posisi sepatu rem menghadap keatas dan ke bawah agar menghasilkan daya pengereman kuat pada kedua sepatu tersebut. Rem tromol uni-servo banyak digunakan mobil untuk rem tromol bagian belakang.
http://www.sahabat-ilmu.com/2017/10/materi-jenis-jenis-rem-tromol-paling.html

Rem Tromol Tipe Uni-Servo


f. Rem Tromol Tipe Duo-Servo

Rem Tromol tipe duo servo adalah suatu jenis rem tromol penyempurnaan dari rem tromol tipe uni-servo yang mempunyai 2 silinder roda yang berbeda yaitu 1 wheel cylinder dengan 2 piston pada bagian atas dan 1 silinder roda jenis 2 piston yang dapat diatur kerenggangannya.
rem tromol duo servo adalah

Mengingat sistem rem pada kendaraan sangat penting bagi keselamatan berkendara, maka sebaiknya Anda melakukan perawatan berkala sistem rem pada kendaraan Anda.

Semoga artikel "Materi Jenis-jenis Rem Tromol Paling Lengkap" bermafaat bagi Sobat sahabat-ilmu.com. Jangan lupa untuk follow website kami, terima kasih atas kunjungan Anda.