Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Lengkap Komponen Synchromesh pada Transmisi Manual

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., M.Pd.

Assalamu'alaikum Sobat Sahabat-Ilmu, kali ini kita akan mempelajari synchromesh yang terdapat pada pada transmisi manual.
A. Pengertian Synchromesh
B. Fungsi Synchromesh
C. Komponen-komponen Synchromesh dan fungsinya.
D. Cara Kerja Synchromesh
E. Pemeriksaan pada Synchromesh
G. Latihan Soal Synchromesh pada Transmisi Manual
Pengertian fungsi synchromesh synchronizer adalah adalah



A. Pengertian Synchromesh

Transmisi manual tipe synchromesh merupakan salah satu jenis transmisi manual yang tersusun sebagian besar dari roda gigi (gear) dengan diameter yang berbeda dan terdapat synchromesh untuk memutuskan dan menghubungkan putaran dan tenaga dari roda gigi percepatan menuju poros output transmisi sehingga diperoleh variasi perbandingan roda gigi antara poros input dengan poros output pada transmisi manual.

Synchromesh adalah suatu bagian pada transmisi manual yang terdiri dari komponen-komponen yang berfungsi untuk memvariasikan putaran dan daya dengan cara memutus dan menghubungkan pada salah satu roda gigi kecepatan dengan menggerser hub sleeve yang dipilih oleh tuas transmisi (shift lever).

Berikut komponen-komponen pada synchromesh.
  1. Clucth hub.
  2. Blocker ring.
  3. Hub sleeve.
  4. Pengunci (insert/shifting key)
  5. Pegas pengunci (insert spring)

http://www.sahabat-ilmu.com/2017/11/bagian-bagian-synchromesh-pada.html
Gambar Komponen-komponen Synchromesh

synchromesh terletak di
Gambar Letak Synchromesh
Perhatikan gambar di atas, kita dapat mengetahui bahwa dimana letak synchromesh pada transmisi manual yaitu synchromesh terletak di antar roda gigi kecepatan (speed gear).

B. Fungsi Synchromesh

Setelah memahami pengertian synchromesh di atas. Selanjutnya kita akan mempelajari fungsi synchromesh adalah untuk menghubung dan memutuskan putaran dan tenaga dari gear percepatan ke poros output pada transmisi manual. 

C. Komponen-komponen Synchromesh dan fungsinya

Pembahasan selanjutnya "Sebutkan fungsi dari komponen-komponen synchomesh berikut ini!!"

Pengertian fungsi synchromesh synchronizer adalah adalah

1. Blocker Ring (synchronizer ring)

Fungsi blocker ring adalah sebagai pelindung roda gigi dan pemandu untuk hub sleeve pada saat synchromesh mulai menghubungkan putaran dan daya dari gear percepatan. Sehingga komponen ini akan rusak seiring pemakaian kendaraan. Namun roda gigi akan menjadi lebih lama dari kerusakan.

Blocker ring merupakan salah satu komponen synchromesh berbentuk seperti gelang bergerigi berwarna kuning keemasan.  

2. Kunci Pemindah atau Pengunci (Insert/Shifting Key)

Fungsi Insert (shifting key) atau pengunci adalah untuk mengunci hub sleeve saat mencengkram roda gigi percepatan ataupun saat kembali di posisi semula pada clutch hub. Insert merupakan salah satu komponen dari synchromesh yang berbentuk seperti potongan kotak yang terletak di antara clucth hub.

3. Pegas Pengunci (Insert Spring/Shifting Key Spring)

Fungsi insert spring yaitu untuk memberikan gaya tekan kepada insert sehingga insert dapat terkunci dengan baik dan fleksibel. Insert spring merupakan suatu komponen pada synchromesh yang berbentuk seperti kawat melingkar. 

4. Clutch Hub

Fungsi clutch hub adalah untuk meneruskan putaran dan daya dari hub sleeve menuju poros output transmisi manual tipe synchromesh. Clutch hub merupakan salah satu komponen pada synchromesh berbentuk seperti roda gigi yang terhubung dengan poros output transmisi dan terletak di dalam hub sleeve. Penjelasan tersebut dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan clutch hub berfungsi untuk .... dan "Jelaskan fungsi clutch hub pada synchromesh!"

5. Hub Sleeve

Hub sleeve  adalah suatu bagian synchromesh yang dipasangkan di bagian luar diameter clutch hub yang dicengkaram oleh garpu pemindah (shift fork). 

Fungsi hub sleeve ini yaitu berfungsi untuk menghubung dan memutuskan dengan cara bergeser mencengkram dog gear pada roda gigi percepatan. Bergesernya hub sleeve karena adanya gaya dari garpu pemindah (shift fork). Hub sleeve merupakan suatu komponen pada synchromesh yang berbentuk seperti gelang tebal yang dapat bergeser.

D. Cara Kerja Synchromesh

Synchromesh dapat bekerja mengubungkan roda gigi kecepatan dengan poros output transmisi. Jika  pedal kopling diinjak penuh dan tidak ada putaran pada poros output. Sehingga roda gigi kecepatan melambat dan memudahkan hub sleeve mencengkram dog gear pada roda gigi kecepatan.

Cara kerja synchromesh yaitu ketika tuas pemindah transmisi digerakan ke salah satu posisi roda gigi kecepatan (1, 2, 3, 4, 5, atau R) maka gaya tersebut diteruskan ke shift shaft menuju shift fork hingga menggerakan hub sleeve pada synchromesh. Selanjutnya hub sleeve bergerak mencengkram blocker ring dan dog gear pada roda gigi kecepatan secara bertahap. Saat hub sleeve sudah mencengkran blocker ring maka hub sleeve sudah sedikit berputar menyamakan putaran dengan roda gigi kecepatan sehingga memudahkan hub sleeve untuk mencengkram dog gear pada roda gigi , kemudian posisi hub sleeve dikunci oleh insert agar tidak kembali ke posisi awal. Ketika hub sleeve sudah mencengkram dog gear pada roda gigi, maka putaran dan tenaga pada roda gigi diteruskan dari hub sleeve menuju clutch hub ke poros output transmisi manual.

Syncromesh hanya dapat memutus dan menghubungkan antara dua roda gigi kecepatan. Misal syncromesh yang terletak diantara 1 dengan 2, 3 dengan 4, 5 dengan R. Sehingga kita juga perlu mengetahui urutan aliran pemindah tenaga pada transmisi manual tipe syncrhomesh.

E. Pemeriksaan pada Synchromesh
Tindakan pemeriksaan pada synchromes dilakukan ketika kita melakukan over haul unit transimi. Pemeriksaan transmisi manual tipe synchromesh meliputi:

  1. Celah antara blocker ring dengan dog gear pada roda gigi percepatan. 
  2. Pemeriksaan komponen-komponen synchromesh secara visual kondisi splines (berigi) pada blocker ring, dog gear, hub sleeve dan clutch hub.
  3. Pengukuran celah antara garpu pemindah (shift fork) dan hub sleeve menggunakan feeler gauge. 

  4. Pemeriksaan synchromes selanjutnya yaitu mengecek fleksibilitas pegas pengunci (insert spring).

G. Latihan Soal Synchromesh pada Transmisi Manual

1. Ketika tuas pemindah transmisi dimasukkan ke posisi 1 maupun 2. Kemudian tuas tersebut kembali netral setelah mobil melaju beberapa meter. Kerusakan tersebut terjadi pada komponen ....  
A. Blocker Ring.
B. Insert.
C. Insert Spring.
D. Bearing.
E. Idle Gear

2. Bagian pada synchromesh yang berfungsi mengunci posisi hub sleeve saat mencengkram gear kecepatan adalah ....  
A. Blocker Ring.
B. Insert.
C. Insert Spring.
D. Bearing.
E. Idle Gear

3. Bagian pada transmisi yang berfungsi memutus dan menghubungkan putaran dan tenaga dari gear percepatan menuju output shaft adalah ....   
A. Blocker Ring.
B. Insert.
C. Insert Spring.
D. Synchromesh.
E. Slidingmesh.

4. Sebuah mobil saat mesin hidup, ketika  pedal kopling diinjak timbul suara berisik. Kerusakan tersebut terdapat pada komponen ....     
A. bearing input shaft kocak.
B. release bearing kocak.
C. synchromesh aus.
D. bearing output shaft kocak.
E. release fork aus

5. Sebuah mobil saat mesin hidup, ketika pedal kopling diinjak tidak ada suara berisik. Namun saat pedal kopling dilepas timbul suara berisik. Kerusakan tersebut terdapat pada komponen ....    
A. bearing input shaft kocak.
B. release bearing kocak.
C. synchromesh aus.
D. bearing output shaft kocak.
E. release fork aus.

Semoga artikel "Materi Lengkap Komponen Synchromesh pada Transmisi Manual" bagi Sobat Sahabat-ilmu.com, jangan lupa follow web kami. Terima kasih atas kunjungan Anda.