Header Ads Widget


Ticker

6/recent/ticker-posts

Sistem Penerangan Lampu Kepala - Rangkaian, Komponen, dan Cara Kerja Rangkaian Lampu Kepala pada Mobil

Penulis Angger Reda Tama, S.Pd., M.Pd.

Assalamu'laikum Sahabat-ilmu.com - pada kesempatan ini kita akan belajar tentang rangkaian, komponen, dan cara kerja rangkaian lampu kepala (head lamp) berikut ini.
A. Pengertian Rangkaian Lampu Kepala pada Mobil
B. Komponen Rangkaian Lampu Kepala pada Mobil
C. Cara Kerja Rangkaian Lampu Kepala pada Mobil
D. Analisis Kerusakan Pada Lampu Kepala pada Mobil

Sistem penerangan pada mobil atau kendaraan merupakan hal yang penting agar pengemudi tetap dapat melihat kondisi yang ada di depan saat kondisi gelap. Sistem lampu kepala ini dapat menerangi jarak dekat dan jauh.

A. Pengertian Rangkaian Lampu Kepala (Headlamp Wiring Diagram) pada Mobil

Pembahasan pertama "Apa yang dimaksud rangkaian lampu kepala pada kendaraan?"  Rangkaian lampu kepala adalah salah satu rangkaian dari sistem penerangan kendaraan yang  terdiri dari lampu dekat dan jauh (high beam) yang berfungsi sebagai lampu penerangan utama pada kendaraan. Pada rangkaian ini terdapat dua rangkaian yaitu rangkaian lampu dekat dan lampu jauh. Mari kita perhatikan rangkaian lampu kepala di bawah ini.
Rangkaian Lampu Kepala dengan relay

B. Komponen Rangkaian Lampu Kepala pada Mobil

Pertanyaan yang seing muncul, "Sebutkan komponen sistem penerangan lampu kepala?" Berikut ini merupakan penjelasan tentang komponen rangkaian kepala.
  1. Baterai berfungsi sebagai sumber listrik utama seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan termasuk rangkaian kepala.
  2. Kabel berfungsi sebagai penghubung konduktor arus listrik antar komponen pada sistem rangkaian listrik.
  3. Main Fuse berfungsi sebagai komponen pengaman yang secara otomatis akan putus jika terjadi konsleting listrik. Sehingga tidak menimbulkan kebakaran pada kendaraan.
  4. Saklar lampu dekat dan jauh berfungsi saklar untuk menutup atau membuka sirkuit rangkaian lampu dekat ataupun jauh agar dapat menyala atau juga mati. Pada umumnya saklar ini terdapat pada saklar kombinasi.
  5. Relay lampu dekat dan jauh berfungsi untuk menaikkan arus listrik yang menuju lampu dekat ataupun lampu jauh.
  6. Lampu dekat merupakan lampu dengan filamen lebih pendek dari pada lampu jauh. Sehingga nyala lampu ini tidak terlalu jauh.
  7. Lampu jauh merupakan lampu dengan filamen lebih panjang dari lampu jauh. Sehingga nyala lampu jauh ini lebih jauh dibandingkan dengan lampu dekat.
Setelah kita memahami komponen yang terdapat dalam rangkaian lampu kepala. Selanjutnya kita bahas cara kerja rangkaian lampu kepala pada saat saklar dekat ON dan juga pada saat saklar lamu jauh ON.

C. Cara Kerja Rangkaian Lampu Kepala pada Mobil

1. Cara kerja rangkaian lampu kepala pada saat saklar lampu dekat (56a) ON.

Penjelasan berikutnya "Bagaimana cara kerja lampu kepala pada saat lampu dekat menyala?"
Perhatikan rangkaian lampu kepala di bawah ini. Cara kerja rangkaian lampu kepala pada saat saklar lampu dekat ON, maka arus listrik dari baterai akan mengalir menuju jalur 56a (rangkaian lampu dekat). Kemudian menyebabkan lilitan relay menjadi medan magnet yang menyebabkan breaker point dalam platina membuka dan menutup dengan cepat. Sehingga menghasilkan arus lebih besar pada jalur 87 yang diteruskan menuju filamen lampu dekat dan menyebabkan lampu dekat menyala terang. 
Rangkaian lampu kepala dekat pada mobil

2. Cara kerja rangkaian lampu kepala pada saat saklar lampu jauh (56b) ON

Penjelasan selanjutnya "Bagaimana cara kerja lampu kepala pada saat lampu jauh menyala?"
Perhatikan rangkaian lampu kepala di bawah ini. Cara kerja rangkaian lampu kepala pada saat saklar lampu jauh ON, maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke jalur 56b (rangkaian lampu jauh). Kemudian menyebabkan lilitan relay menjadi medan magnet yang menyebabkan breaker point dalam platina membuka dan menutup dengan cepat. Sehingga menghasilkan arus lebih besar pada jalur 87 yang diteruskan menuju filamen lampu jauh yang menyebabkan lampu jauh menyala terang.
Rangkaian lampu kepala jauh pada mobil


D. Analisis Kerusakan Pada Lampu Kepala pada Mobil

Pemeriksaan rangkaian lampu kepala dilakukan apabila lampu tidak menyala ataupun redup. Berikut ini analisis pemeriksaan kerusakan pada rangkaian lampu kepala.
  1. Pemerikasaan kerusakan pada lampu kepala yang harus pertama dilakukan adalah memeriksa tegangan listrik pada baterai atau aki. Jika baterai kurang dari 12 Volt maka lakukan pengisian baterai menggunakan alat pengisi baterai, tetapi jangan lupa mengisi cairan accu zur pada baterai pada level maksimal.
  2. Jika tegangan listrik normal sesuai standar + 12,6 Volt, selanjutnya memeriksa fuse yang digunakan pada rangkaian kepala apakah fuse putus atau tidak?
  3. Apabila fuse tidak putus tetapi lampu kepala tidak menyala, maka segera periksa filamen bohlam lampu kepala. Jika filamen lampu putus maka segera ganti dengan lampu kepala baru yang sesuai dengan spesifikasi lampu kepala kendaraan.
  4. Jika lampu tidak putus atau sudah diganti, tetapi lampu tetap tidak menyala. Selanjutnya  periksa relay yang ada pada rangkaian lampu kepala dengan cara menghubungkan 85 dan 30 ke terminal positif baterai dan 86 pada terminal negatif baterai, sedangkan 87 ke lampu kepala. Apabila bohlam lampu kepala nyala maka relay masih baik, tetapi jika bolam lampu kepala mati maka ganti relay.
  5. Apabila relay sudah ok tapi tidak menyala maka nyalakan saklar lampu kepala hubungkan 87 dengan DC tester kabel positif dan kabel negatif dengan bodi. Jika tidak menyala maka perbaiki saklar universal kendaraan atau menggantinya dengan yang baru agar lampu kepala dapat menyala saat saklar lampu kepala ON.
  6. Jika lampu kepala kanan dan kiri tidak sama terangnya, maka periksa spesifikasi daya Watt yang tertera pada bohlam lampu. Ganti salah satu lampu dengan spesifikasi yang sama. 
  7. Jika spesifikasi bohlam lampu kepala sama tetapi nyala bohlam lampu kepala tidak sama, maka cek kondisi bohlam, soket lampu kepala, dan panjang kabel dari 87 ke kanan dan ke kiri menuju soket lampu kepala harus sama panjang dan diameter kabel juga hasus sama. Sehingga lampu kepala dapat menyala terang sama antara lampu kepala kanan dan kiri.
Di atas merupakan cara analisis kerusakan pada rangkaian lampu kepala sesuai pengalaman pribadi dan referensi buku manual.

Semoga pembahasan "Rangkaian, Komponen, dan Cara Kerja Rangkaian Lampu Kepala" bermanfaat bagi sahabat ilmu.