Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Mesin 2 Tak Lengkap

Assalamu'alaikum Sobat Sahabat-Ilmu, kali ini kita akan mempelajari mesin 2 Tak. Mari kita simak bersama materi tentang 2 Tak.

Mesin kendaraan  berbahan bakar bensin yang beredar pada umumnya berupa jenis mesin 2 Tak atau juga Mesin 4 Tak. Mesin pada kendaraan sekarang ini merupakan jenis mesin pembakaran dalam yang mampu mengkonversikan energi kimia menjadi energi panas kemudian menjadi mekanik. Dengan energi yang dihasilkan, memungkinkan kendaraan dapat bergerak. Untuk dapat bekerja dengan baik, mesin memiliki konstruksi yang utuh dan solid sehingga memungkinkan terjadinya suatu proses pembakaran yang menghasilkan tenaga:

  1. Mengisi ruang bakar dengan campuran udara dan bahan bakar yang mudah terbakar.
  2. Mengkompresi  campuran tersebut sampai pada volume dan tekanan tertentu. Kemudian memicunya dengan bunga api dari busi sehingga timbul ledakan. 
  3. Ledakan tersebut mendorong piston dengan cepat sehingga menghasilkan tenaga untuk memutar  poros engkol.
  4. Membuang gas yang telah terbakar dari dalam silinder.

Pengertian Mesin 2 Tak

Mesin 2-Tak adalah suatu mesin pembakaran dalam yang dimana siklusnya terjadi di atas dan di bawah piston yang dimana satu kali gerak naik turun piston dari TMA (Titik Mati Atas ) ke TMB (Titik Mati Bawah) menghasilkan satu putaran poros engkol.




1. Cara Kerja Mesin 2-Tak


Pada mesin dua langkah campuran udara-bahan bakar dikompresi dua kali setiap putaran. Kompresi pertama (kompresi pendahuluan di dalam crankcase). Campuran ditarik ke dalam ruang crankcase dan dikompresi, selanjutnya masuk ke dalam ruang pembakaran. Kompresi kedua (kompresi di dalam silinder dan ruang pembakaran). Campuran yang dikompresi sangat mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi. 



Campuran yang dikompresikan di dalam crankcase mengalir ke dalam silinder melalui lubang transfer mendorong sisa-sisa gas pembakaran keluar dari silinder dan ini disebut sebagai langkah transfer. Secara jelasnya cara kerja mesin dua sebagai berikut.


a. Langkah Hisap Dan Kompresi  pada Mesin 2 Tak, saat Setengah putaran pertama,   Piston bergerak dari TMB ke TMA 

Siklus Di bawah piston
Sewaktu piston bergerak keatas menuju TMA ruang engkol akan membesar dan menjadikan ruang tersebut hampa (vakum). Lubang pemasukan terbuka. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar dapat mengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnya masuk ke ruang engkol (disebut langkah hisap atau pengisian ruang engkol).



Di atas piston
Di sisi lain lubang pemasukan dan lubang buang tertutup oleh piston, sehingga terjadi proses langkah kompresi disini. Dengan gerakan piston yang terus ke atas  mendesak gas baru yang sudah masuk sebelumnya, membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA busi akan melentikkan bunga api dan mulai membakar campuran gas tadi (langkah ini disebut langkah compresi). 


b. Langkah Usaha Dan Buang  pada Mesin 2 Tak Setelah putaran ke dua, Piston bergerak dari TMA ke TMB 

Di atas piston

Ketika piston mencapai TMA campuran gas segar yang dikompresikan dinyalakan oleh busi. Gas yang terbakar mengakibatkan ledakan yang menghasilkan tenaga sehingga mendorong piston memutar poros engkol melalui connecting rod sewaktu piston bergerak ke bawah menuju TMB (langkah usaha).

Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB lubang buang terbuka oleh kepala piston, gas-gas bekas keluar melalui saluran buang (langkah buang).

Di bawah piston

Beberapa derajat selanjutnya setelah saluran buang membuka, maka saluran bilas (saluran transfer) mulai terbuka oleh tepi piston. Ketika piston membuka lubang transfer segera langkah pembuangan telah dimulai. 

Gas baru yang berada di bawah piston terdesak, campuran yang dikompresikan tersebut mengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bakar sambil membantu mendorong gas bekas keluar (proses ini disebut pembilasan)

Prinsip Pembilasan

Prinsip pembilasan dinamakan dengan pembilasan berputar yaitu: lubang transfer berada di kanan dan di kiri saluran knalpot. Udara segar masuk bersamaan melalui kedua lubang tersebut yang berada berlawanan didinding cylinder dan membelok keatas. Kemudian aliran berputar kebawah ke lubang pengeluaran mendorong gas sisa pembakaran keluar dari cylinder.

C. Keuntungan Dan Kerugian pada Mesin 2 Tak

a. Kelebihan Mesin 2 -Tak :

  1. Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata. 
  2. Tidak memerlukan klep, komponen part lebih sedikit, perawatan lebih mudah dan relatif murah
  3. Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus
  4. Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama, tenaga yang dihasilkan lebih besar 
  5. Proses pembakaran terjadi 2 kali, sehingga tenaga lebih besar 

b. Kekurangan Mesin 2-Tak :

  1. Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi 
  2. Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus. 
  3. Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas
  4. Konsumsi pelumas lebih banyak.
Mesin 2 Tak ini terlalu boros bahan bakar dan memerlukan oli samping, sehingga sekarang ini peminat mesin 2 Tak sudah mulai berkurang