Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Membuat Web Berbasis eCommerce Multivendor seperti Tokopedia dengan Wordpress Terbaru

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., M.Pd.

Assalamu'alaikum Sobat Sahabat-Ilmu,

Apakah Anda ingin membuat markeplace online menggunakan WordPress?

Membuat eCommerce dengan Wordpress

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai konsep membuat web berbasis e-commerce untuk menyediakan kegiatan jual beli atau pasar online (market place) menggunakan wordpress.


Situs web pasar online memungkinkan para pengguna membeli dan menjual barang dengan mendirikan toko mini mereka sendiri di situs web eCommerce yang Anda miliki dengan konsep multivendor. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mudah membuat pasar online (marketplace) menggunakan WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Memulai membuat eCommerce Pasar Online menggunakan WordPress?
Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan platform situs web yang tepat, dan karena Anda membaca artikel ini, Anda berada di tempat yang tepat.

Ada dua jenis WordPress yang tersedia: WordPress.com vs WordPress.org. Salah satunya adalah layanan hosting blog terbatas sementara yang lain dikenal sebagai WordPress yang dihosting sendiri yang kemungkinan besar Anda dengar. Lihat perbandingan lengkap antara WordPress.com vs WordPress.org.

Kami merekomendasikan menggunakan WordPress.org karena memberikan Anda kebebasan dan akses ke semua fitur WordPress di luar kotak.

Untuk memulai pasar online menggunakan WordPress yang dihosting sendiri, Anda memerlukan hal-hal berikut:

Nama domain (Misalnya, jualbeli.com)
Akun hosting web (Di sinilah file situs web Anda disimpan)
Sertifikat SSL (Untuk menerima pembayaran online dengan aman)
WooCommerce (addon eCommerce WordPress terbaik)
Addon pasar online

Seluruh pengaturan dapat memakan waktu hingga 40-60 menit, dan kami akan memandu Anda melalui setiap langkah satu per satu.

Langkah 1. Menyiapkan Platform Ecommerce Anda
Langkah pertama adalah membeli nama domain dan akun web hosting. Anda tidak hanya membutuhkan web hosting, tetapi Anda akan membutuhkan layanan yang mengkhususkan diri dalam WooCommerce hosting karena ini adalah perangkat lunak yang akan kami gunakan sebagai platform eCommerce kami.

Biasanya nama domain biaya dalam dollar $10-15 / tahun, web hosting $ 6-9 / bulan, dan sertifikat SSL per tahun.

Sekarang ini sepertinya banyak uang jika Anda baru memulai.

Untungnya, Bluehost yang secara resmi direkomendasikan penyedia hosting WordPress dan WooCommerce telah setuju untuk menawarkan pengguna domain gratis + SSL dan diskon pada hosting WordPress cloud mereka.

Apabila Anda ingin lebih menghemat Anda juga dapat menggunakan penyedia domain+hosting dalam negeri  rumahweb, niagahoster, dan lainnya.

Setelah Anda membeli hosting, ikuti langkah demi langkah tutorial kami tentang cara memulai toko online untuk instruksi penyiapan lengkap.

Anda sekarang akan memiliki situs WordPress dengan WooCommerce diinstal di dalamnya. Namun, secara default WooCommerce berasumsi bahwa situs web Anda adalah situs web vendor tunggal, jadi tidak mungkin bagi pengguna lain untuk menambahkan produk mereka sendiri ke situs web Anda.

Langkah 2. Ubah Situs WooCommerce Anda menjadi Pasar Online
Pertama Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin WC Vendor. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah aktivasi, buka WooCommerce »Wc Vendors untuk mengonfigurasi pengaturan pasar.

Di layar ini, Anda perlu menetapkan tarif komisi yang akan Anda bayarkan ke setiap vendor. Tarif ini juga dapat ditimpa untuk produk atau vendor individu.

Pengaturan default pada halaman akan berfungsi untuk sebagian besar situs, tetapi Anda dapat meninjau dan mengubahnya sesuai kebutuhan.

Jangan lupa klik tombol ‘Simpan Perubahan Umum’ untuk menyimpan pengaturan Anda.

Selanjutnya, Anda perlu beralih ke halaman produk. Pada layar ini, Anda dapat memilih item mana yang disembunyikan dari vendor ketika mereka menambahkan produk.



WC Vendors memungkinkan Anda untuk mengatur kemampuan dan izin vendor. Buka tab Capabilities di halaman pengaturan.


Item berikutnya pada halaman pengaturan WC Vendors  adalah untuk mengatur halaman.

Plugin akan secara otomatis membuat halaman yang akan digunakan untuk dasbor vendor, pengaturan toko, dan halaman pesanan. Anda dapat menggunakan halaman yang berbeda jika Anda ingin menggunakan shortcode yang ditunjukkan di bawah setiap halaman.


Satu halaman yang tidak secara otomatis dibuat oleh plugin adalah halaman syarat. Ini adalah persyaratan yang harus disetujui oleh vendor saat mengirimkan aplikasi mereka.

Untuk membuat halaman istilah, Anda cukup membuat halaman baru di WordPress dan menambahkan syarat dan ketentuan dalam teks biasa yang menjelaskan apa yang penjual dapat jual, bagaimana mereka akan dibayar, bagaimana menyelesaikan perselisihan, dll.

Setelah Anda membuat halaman syarat, Anda dapat kembali ke bagian ini dan memilih halaman yang baru Anda buat di sini.

Item terakhir pada halaman pengaturan  WC Vendors adalah yang paling penting, Pembayaran. Secara default, WC Vendors menggunakan Pembayaran Adaptif PayPal untuk membayar vendor.

Anda akan melihat tautan untuk menyiapkan pembayaran adaptif PayPal. Setelah Anda mengaturnya, Anda dapat memilih kapan Anda ingin membayar vendor.




Sekarang Vendor WC sudah siap, mari siapkan WooCommerce untuk lingkungan multi-vendor.

Langkah 3. Aktifkan Manajemen Akun di WooCommerce
Pertama Anda perlu mengunjungi halaman WooCommerce »Pengaturan dan klik pada tab‘ Akun ’. Dari sini Anda perlu memeriksa kotak di sebelah opsi pendaftaran pelanggan.


Apabila sudah melakukan pengaturan. Jangan lupa untuk menekan save untuk menyimpan perubahan yang telah Anda rubah.

Langkah 4. Menyiapkan Navigasi Menu

Sekarang pengaturan pasar multi-vendor Anda selesai. Ini adalah waktu untuk memudahkan pengguna Anda menemukan jalan di sekitar situs web Anda.

Untuk melakukan itu, Anda perlu mengunjungi halaman Penampilan »Menu. Anda perlu menambahkan akun pengguna dan halaman checkout Anda ke menu navigasi.


Jangan lupa klik tombol 'Save Menu' untuk menyimpan perubahan Anda. Untuk petunjuk lebih rinci, lihat panduan kami tentang cara menambahkan menu navigasi di WordPress.

Jika Anda tidak memiliki halaman Akun Saya, maka cukup buat halaman baru di WordPress dan tambahkan shortcode berikut di editor posting.
[woocommerce_my_account]

Langkah 5. Menguji Situs Web Marketplace Anda
Situs web pasar online Anda sekarang siap untuk diuji. Anda dapat mengunjungi situs web Anda di jendela browser baru dan membuat akun baru dengan mengklik tautan Akun Saya di bagian atas.


Dari sini, baik pelanggan dan vendor dapat masuk ke akun mereka serta membuat akun baru.


Setelah pengguna membuat akun baru, Anda akan menerima pemberitahuan email. Jika Anda tidak dapat menerima pemberitahuan email, lihat panduan kami tentang cara memperbaiki WordPress yang tidak mengirim konfimasi email.

Anda juga dapat melihat aplikasi vendor baru dengan mengunjungi halaman Pengguna »Semua Pengguna. Anda akan melihat semua permintaan vendor baru sebagai 'vendor yang tertunda', dan Anda dapat menyetujui atau menolak aplikasi dengan mengklik tautan di bawah nama pengguna mereka.


Setelah disetujui, vendor ini dapat masuk ke akun mereka dan menambahkan produk mereka dengan mengunjungi dashboard vendor mereka. Mereka juga dapat melihat pesanan dan laporan penjualan mereka.


Setelah disetujui, vendor ini dapat masuk ke akun mereka dan menambahkan produk mereka dengan mengunjungi dashboard vendor mereka. Mereka juga dapat melihat pesanan dan laporan penjualan mereka

Mereka harus memberikan alamat email PayPal mereka untuk menerima pembayaran. Setelah itu mereka dapat memasukkan nama toko dan deskripsi mereka.

Setelah vendor menambahkan produk baru, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan dan melihat ikon di sebelah menu produk. Anda kemudian dapat mengedit produk, menyetujui, atau menghapusnya.


Halaman toko Anda jelas akan menampilkan produk yang dijual oleh nama toko vendor.



Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara membuat eCommerce pasar online menggunakan WordPress.