Header Ads Widget


Ticker

6/recent/ticker-posts

Torque Converter - Materi Lengkap Kopling Hidrolik (Hydraulic Clutch/Torque Converter)


Letak Torque Converter adalah

A. Pengertian Kopling Hidrolik (Hydraulic Clutch/Torque Converter)

Pembahasan pertama "Apa yang dimaksud dengan torque converter?" atau "Jelaskan pengertian dari torque converter!"
Berikut ini pengertian dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter) adalah suatu jenis kopling hidrolik yang berfungsi memutus dan menghubungkan dengan  putaran dan tenaga dari mesin menuju transmisi otomatis jenis planetary gear  dengan menggunakan tekanan fluida cair.
Konverter tenaga putaran (torque converter)  menghantarkan dan menggandakan tenaga putaran dari mesin dengan menggunakan fluida cair jenis ATF (Automatic Transaxle Fluid) ke sebagai media.


B. Fungsi Kopling Hidrolik (Hydraulic Clutch/Torque Converter)


Pembahasan kedua"Apa fungsi dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter)?" atau "Jelaskan fungsi dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter)!"

Penjelasan tentang fungsi utama dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter) adalah untuk berfungsi memutus dan menghubungkan dengan  putaran dan tenaga dari drive plate engine menuju transmisi otomatis jenis planetary gear  dengan menggunakan hidrolik dengan prinsip over running clutch. Ketika putaran idle/stasioner mesin maka tidak ada putaran dan daya yang dihubungkan, tetapi ketika putaran melebihi idle mesin maka baru kopling ini dapat mengubungkan putaran dan tenaga menuju transmisi planetari gear.

C. Jenis-jenis Kopling Hidrolik (Hydraulic Clutch/Torque Converter)

  1. Single-Stage-Stage Torque Converter
  2. Twin Disc Single-Stage Torque Converter
  3. Type Four Hydraulic Torque Converter
  4. Three-Stage Hydraulic Torque Converter

Penjelasan di atas dapat dipergunakan untuk menjawab "Sebutkan jenis-jenis dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter)!"

D. Komponen-komponen Kopling Hidrolik (Hydraulic Clutch/Torque Converter)

Berikut ini komponen-komponen kopling hidrolic (hydraulic clutch/torque converter) terdiri dari:
  • front cover,
  • engine drive plate,
  • pump impeller, 
  • stator,
  • turbine runner,
  • kopling satu-arah dan stator, dan
  • converter case.
Penjelasan di atas dapat dipergunakan untuk menjawab "Sebutkan komponen-komponen dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter)!"
pengertian fungsi dari komponen-komponen torque converter adalah

E. Fungsi dari Komponen-komponen Kopling Hidrolik (Hydraulic Clutch/Torque Converter)

Pembahasan berikutnya "Sebutkan fungsi dari komponen-komponen dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter)!" Penjelasan mengenai fungsi dari komponen-komponen torque converter/kolping hidrolik (hydraulic clutch).
  1. Front Cover
    Fungsi dari front cover adalah sebagi bidang untuk menyatukan antara engine drive plate dengan unit torque converter.
  2. Engine Drive Plate
    Fungsi dari engine drive plate adalah untuk meneruskan putaran dan tenaga dari pinion motor stater saat mesin pertama kali hidup. Ketika mesin hidup maka engine drive plate ini sebagai bidang yang menggerakan torque converter.
  3. Pump Impeller
    Fungsi dari pump impeller adalah untuk memompakan fluida cair ketika engine drive plate berputar.
  4. Stator
    Fungsi dari stator adalah untuk mencegah tekanan balik yang menuju pump impeller saat putaran stasioner. Tekanan balik dapat menghambat putaran pump impeller sehingga mesin akan mati ketika putaran stasioner.
  5. Turbine
    Fungsi dari turbine yaitu untuk menggerakkan input shaft transmisi otomatis karena adanya tekanan putar fluida dari pump mpellerketika putaran mesin di atas stasioner/idle.
    fungsi dari turbine adalah
  6. Clucth Assembly
    Fungsi dari clutch assembly adalah untuk meredam getaran di dalam torque converter saat akselerasi dan deselerasi.
  7. Converter Case
    Fungsi dari converter case adalah sebagai rumah atau wadah dari seluruh yang ada di dalam seperti pump impeller, turbine, stator, dan clutch assembly.

F. Cara Kerja Kopling Hidrolik (Hydraulic Clutch/Torque Converter)

Setelah kita memahami fungsi dari komponen kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter) di atas. Pembahasan selanjutnya "Jelaskan cara kerja dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter)!" atau juga "Bagaimana cara kerja dari kopling hidrolik (hydraulic clutch/torque converter)?"
  1. Cara kerja torque converter saat putaran stasionel/idle yaitu engine drive plate memutar torque converter sehingga pump impeller juga ikut berputar, tetapi putaran fluida dari pump impeller hanya dapat memutar stator saja dan belum dapat memutar turbine. Sehingga tidak ada putaran dan tenaga dari mesin yang menuju poros input transmisi otomatis planetary gear.
  2. Cara kerja torque converter saat di atas putaran stasionel/idle yaitu engine drive plate memutar torque converter sehingga pump impeller juga ikut berputar. Putaran fluida dari pump impeller dapat memutar stator dan juga memutar turbine. Sehingga ada putaran dan tenaga dari mesin yang menuju poros input transmisi otomatis planetary gear. Getaran yang terjadi di dalam torque converter diredam oleh clucth assembly.
Semoga artikel "Torque Converter - Materi Lengkap Kopling Hidrolik (Hydraulic Clutch/Torque Converter)" bermanfaat bagi Sobat Sahabat-ilmu.com, jangan lupa follow web kami. Terima kasih telah berkunjung di web kami.

Posting Komentar

0 Komentar