Ticker

4/recent/ticker-posts

Rumus dan Contoh Soal Luas dan Keliling Segitiga

Penulis Angger Reda Tama, S.Pd., M.Pd.

Assalamu'alaikum, Sobat sahabat-ilmu.com pada kesempatan kali  ini  kita akan membahas rumus luas dan keliling segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sembarag. 

A. Pengertian Segitiga

Segitiga adalah suatu bangun datar yang memiliki tiga sudut yang jumlah keseluruhan sudut segitiga sebesar 180. Terdapat beberapa jenis segitiga yaitu:
  1. Segitiga siku-siku adalah suatu segitiga yang salah satu sudutnya sebesar 900. Contoh segitiga siku-siku meliputi segitiga siku-siku lancip, dan segitiga siku-siku tumpul.
  2. Segitiga sama saki adalah suatu segitiga yang memiliki tiga sudut yang di mana dua sudut masing-masing sudutnya sama besar, Sedangkan satu dudut yang lain merupakan hasil pengurangan 1800-(jumlah dua sudut yang sama). 
  3. Segitiga sama sisi adalah suatu segitiga yang ketiga sudutnya sama besar yaitu 1800/3= 60.Sehingga ketiga sisi segitiga memiliki panjang sama besar.
  4. Segitiga lancip adalah suatu segitiga yang dimana satu salah sudutnya kurang dari 450. Ada segitiga lancip sembarang, segitiga lancip siku-siku, segitiga lancip sama kaki.
  5. Segitiga tumpul adalah suatu segitiga yang dimana satu salah satu sudutnya lebih dari 900. Ada segitiga tumpul sembarang, segitiga tumpul siku-siku, segitiga tumpul sama kaki.

B. Rumus Luas dan Keliling Segitiga Siku-siku

Memahami rumus segitiga siku-siku tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan. Dengan memahami rumus tersebut maka kita dapat menghitung rancangan gambar segitiga siku-siku ataupun menghitung bagun segitiga siku-siku di sekitar kita. 

1. Rumus luas Segitiga Siku-siku

Rumus luas segitiga siku-siku sering kita jumpai dalam soal matematika. Oleh karenanya kita perlu memahami rumus segitiga. 

2. Rumus Keliling Segitiga Siku-siku

Rumus keliling segitiga siku-siku banyak kita temui pada soal matematika. Oleh sebab itu kita perlu memahami rumus segitiga siku-siku agar lebih mudah menjawab soal-soal segitiga siku-siku. Perhatikan gambar segitiga siku-siku berikut ini. 

Rumus luas dan keliling segitiga siku-siku

2. Luas dan Keliling Segitiga Sama Sisi dan Segitiga Sama Kaki
Rumus segitiga sama sisi juga dapat digunakan untuk mencari rumus luas dan keliling segitiga sama sisi. Karena jika segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki jika dibagi dua sama besar, maka akan menjadi dua segitiga siku-siku.

Perhatikan gambar segitiga sama sisi berikut ini. 

Rumus luas dan keliling segitiga sama sisi


C. Rumus Luas dan Keliling Segitiga Sembarang

Memahami rumus segitiga sembarang agak sedikit lebih komplek dalam menghitungnya. Namun masih mudah untuk dipelajari. Dengan memahami rumus tersebut, maka kita dapat menghitung rancangan gambar segitiga sembarang ataupun menghitung bagun segitiga sembarang di sekitar kita.

Rumus segitiga sembarang dapat digunakan untuk menghitung semua jenis bangun segitiga. Namun kurang praktis jika digunakan untuk menghitung luas dan keliling segitiga siku-siku.

Rumus luas Segitiga sembarang

Rumus luas segitiga sembarang sering kita jumpai dalam soal matematika. Oleh karenanya kita perlu memahami rumus segitiga.  Perhatikan gambar rumus segitiga sembarang berikut ini.
Rumus luas dan keliling segitiga ini dapat juga digunakan untuk menghitung luas dan keliling segitiga siku-siku dan sama kaki. 


1. Rumus Luas dan Keliling Persegi   
    Baca Selengkapnya 

2. Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

3. Rumus Luas dan Keliling Lingkaran

4. Rumus Luas dan Keliling Segitiga

5. Rumus Luas dan Keliling Jajargenjang

6. Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat

7. Rumus Luas dan Keliling Layang-layang

8. Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Semoga penjelasan tentang materi segitiga ini bermanfaat bagi Sobat Sahabat-ilmu.com

Baca juga Luas dan Keliling Bangun Datar Lainnya