Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian Aqidah (Keyakinan) secara Bahasa dan Terminologi

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., M.Pd.

Assalamu'alaikum Sobat Sahabat-Ilmu,

Definisi Aqidah (Keyakinan) secara Bahasa


Pengertian Aqidah


Secara bahasa aqidah atau keyakinan adalah suatu kontrak dalam bahasa Arab menunjukkan kebutuhan, pernyataan, arogansi, konfirmasi, dan memegang tali: pengetatan satu sama lain, kontrak dan perjanjian.



Definisi Aqidah (Keyakinan) secara Bahasa
Keyakinan dalam konvensi umum adalah apa yang dipegang dan diyakini oleh hati dan tidak dapat diubah darinya, tidak ada perbedaan antara yang disebabkan oleh tradisi atau pemikiran atau ilusi atau bukti.

Definisi Iman
Iman dalam Islam adalah keyakinan menyeluruh terhadap ajaran Islam yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 Pentingnya Iman Islam
Iman Islam sangat penting dalam kehidupan manusia, tetapi dalam kehidupan umat manusia, jadi Anda harus tahu aspek-aspek pentingnya iman Islam, yang dapat dirangkum dalam poin-poin berikut:

Bahwa semua utusan dikirim melalui panggilan untuk pemikiran yang benar terhadap ke-esaan Alloh Yang Maha Esa

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ
Dan Kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku". (Q.S. Al Anbiya: 24

Untuk mencapai penyatuan ketuhanan dan anggota ibadah Allah adalah tujuan pertama dari penciptaan manusia dan jin, sebagai mana firman Alloh SWT
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka  beribadah kepada-Ku. (Q.S. Az Zariyat 56)

Bahwa penerimaan keimanan mentauhidkan Allhoh ta'alaa tergantung pada pencapaian penyatuan keyakinan (aqidah) dengan individu seseorang.

Bahwa keyakinan mendefinisikan hubungan antara hamba dan pengetahuan di sisi Alloh SWT, penyatuan dan penyembahan kepada Alloh yang Maha Kuasa.

Bahwa kebahagiaan di dunia didasarkan pada pengetahuan tentang Alloh Yang Maha Kuasa, kebutuhan hamba kepada-Nya di atas segalanya.

Bahwa doktrin menjawab semua pertanyaan yang datang ke pikiran hamba, dan pertanyaan-pertanyaan ini menjadi status Sang Pencipta, prinsip penciptaan dan akhir dan hal-hal lain.
Bahwa aqidah yang benar adalah penyebab kemenangan suatu kaum di dunia dan akhirat. Aqidah yang lurus berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah