Header Ads Widget


Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Jenis-jenis Sasis (Chassis) dan Sistem Pemindah Tenaga


Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., Gr., M.Pd.

Assalamu'alaikum, Sobat sahabat-ilmu.com. Pada materi ini, kita akan membahas materi tentang jenis-jenis sasis (chassis) di bidang otomotif sebagai berikut.
A. Pengertian Sasis (Chassis)  
B. Pengertian Sistem Pemindah Tenaga (Powertrain)
C. Jenis-jenis Sasis (Chassis

A. Pengertian Sasis (Chassis)  

Kendaraan secara garis besar dibagi menjadi tiga bagian yaitu sasis (chassis), bodi, dan fitur tambahan (akseseoris kelistrikan dan keamanan). Sasis (chassis) adalah suatu bagian utama kendaraan yang terdiri dari rangka (frame), mesin (engine), pemindah tenaga, sistem kemudi, dan sistem rem. Sasis ini sudah mampu melaju, tetapi tanpa bodi kendaraan.

B. Pengertian Sistem Pemindah Tenaga (Powertrain)

Kita terkadang salah paham mesin masuk ke dalam unit pemindah tenaga. Karena mesin adalah perangkat penghasil sumber putaran dan tenaga, sedangkan yang memindahkan putaran dan tenaga yaitu pemindah tenaga. Sistem pemindah tenaga (powertrain) adalah suatu kumpulan unit-unit yang dapat meneruskan putaran dan tenaga dari mesin menuju roda penggerak.
Pemindah tenaga terdiri dari:
  1. Kopling (clutch) adalah suatu unit pemindah tenaga yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dan tenaga dari mesin ke unit transmisi.
  2. Transmisi (transmission) adalah suatu unit pemindah tenaga yang berfungsi untuk memvariasikan putaran dan tenaga dari unit kopling ke unit poros propeler (jika ada) atau langsung diteruskan menuju diferensial.
  3. Poros propeler (propeller shaft) adalah suatu unit pemindah tenaga yang berfungsi untuk  menghubungkan putaran dan tenaga dari transimisi menuju diferensial.
  4. Gardan atau diferensial (differential/final drive) adalah suatu unit pemindah tenaga yang berfungsi mereduksi putaran dan tenaga roda penggerak sisi dalam dan menambahkannya ke roda penggerak sisi luar ketika kendaraan belok.
  5. Poros penggerak (axle shaft) adalah suatu unit pemindah tenaga yang digunakan untuk meneruskan putaran dan tenaga menuju roda penggerak.

C. Jenis-jenis Sasis (Chassis)  

Setelah kita paham apa itu mesin (engine) dan sistem pemindah tenaga. Selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis sasis (chassis). Berikut penjelasan jenis-jenis sasis pada kendaraan yang beredar di pasar otomotif.
  1. FR (Front engine Rear wheel drive) adalah suatu jenis sasis (chassis) kendaraan yang dimana posisi mesin di depan, sedangkan roda penggerak bagian belakang yang berputar. Gambar berikut merupakan ilustrasi tipe sasis FR (Front engine Rear drive).
  2. FF (Front engine Front Wheel drive)  adalah suatu jenis sasis (chassis) kendaraan yang dimana posisi mesin di depan dan yang menjadi roda penggerak adalah roda depan. Gambar berikut merupakan ilustrasi tipe sasis FF (Front engine Front drive). 
  3. FWD/4WD (Four wheel Drive) adalah suatu jenis sasis kendaraan yang dimana roda belakang menjadi roda penggerak dan juga roda depan dapat juga digunakan sebagai roda penggerak. Gambar berikut merupakan ilustrasi tipe sasis FWD/4WD (Four Wheel Drive). 
  4. RR (Rear engine Rear wheel  Drive) adalah suatu jenis sasis (chassis) kendaraan yang dimana posisi mesin di belakang dan roda belakang yang menjadi roda penggerak. Gambar berikut merupakan ilustrasi tipe sasis RR (Rear engine Rear Drive).
Materi di atas merupakan pengantar agar Anda paham sebelum belajar lebih jauh tentang kopling, transmisi, dan unit pemindah tenaga lainnya. Semoga artikel "Materi Jenis-jenis Sasis (Chassis) dan Sistem Pemindah Tenaga" Terima kasih atas kunjungan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar