Ticker

4/recent/ticker-posts

Panduan Lengkap: Ukuran Standar Celah Klep (Katup) Honda Vario 110 lama Karburator, Vario 110 FI, dan Vario 110 FI eSP

Pengertian Klep/ Valve
Klep merupakan suatu komponen pada kepala silinder (head cylinder) yang selalu membuka dan menutup saat mesin kendaraan hidup. Terdapat klep masuk (Intake Valve) dan klep buang (Exhaust Valve) pada bagian kepala silinder

Berdasarkan  jenis konstruksinya katup ada dua jenis yaitu katup konvensional dan katup VVT-i. Untuk katup VVT-i tidak dapat distel, karena bagian lob/nok pada poros camshaft langsung menekan katup.
Sepeda motor Honda Beat termasuk jenis sepeda motor dengan mesin 4 Tak sehingga Beat menggunakan sistem mekanisme katup.

Katup Honda Vario belum termasuk jenis VVT-i, sehingga perlu dilakukan penyetelan katup secara berkala. Sedangkan katup konvensional menggunakan rocker arm untuk menekan katup, sehinggan celah ujung rocker arm dengan katup harus distel sesuai ukuran standar celah katup masing-masing tipe sepeda motor.
Ukuran Standar Celah Klep (Katup) Honda Vario 110 lama Karburator, Vario 110 FI, dan Vario 110 FI eSP

Berikut ini ukuran standar celah klep/katup sepeda motor Honda Vario 110 Karburator, Vario 110 FI, dan Vario 110 FI eSP.

ukuran standar celah klep/katup Honda Vario 110 lama karburator:
ukuran celah katup masuk (intake valve)   =0,16 mm
ukuran celah katup buang (exhaust valve) =0,27 mm

ukuran standar celah klep/katup Honda Vario 110 FI :
ukuran celah katup masuk (intake valve)   = 0,16 mm
ukuran celah katup buang (exhaust valve) = 0,16 mm

ukuran standar celah klep/katup Honda Vario 110 FI eSP:
ukuran celah katup masuk (intake valve)   = 0,12 mm
ukuran celah katup buang (exhaust valve) = 0,18 mm

Langkah-langkah Pemeriksaan Kerenggangan celah katup atau klep (valve) Honda Vario 110 lama Karburator, Vario 110 FI, dan Vario 110 FI eSP 
• Periksa dan setel jarak renggang klep sementara mesin dalam keadaan dingin (di bawah 35oC).
  1. Melepaskan cylinder head cover.
  2. Memutar crankshaft berlawanan arah jarum jam dengan menjalankan kick starter perlahan-lahan dan mentepatkan tanda “T” pada flywheel dengan tanda penunjuk pada crankcase kanan.
    langkah-langkah penyetelan standar celah klep vario 110 125 Fi

  3. Pastikan bahwa piston berada pada TMA (Titik Mati Atas) pada langkah sebelum akhir kompressi.
  4. Posisi ini dapat dipastikan dengan memeriksa bahwa ada kelonggaran pada rocker arm.
  5. Jika tidak ada kelonggaran, berarti bahwa piston bergerak melalui langkah pembuangan ke arah TMA.
  6. Putar crankshaft satu putaran penuh dengan menjalankan kickstarter perlahan-lahan dan mentepatkan tanda “T” sekali lagi. 
    langkah-langkah penyetelan standar celah klep vario 110 125 Fi

  7. Periksa jarak renggang klep dengan cara memasukkan feeler gauge (lidah pengukur) di antara sekrup penyetelan klep (valve adjusting screw) dan tangkai klep (valve stem). VALVE CLEARANCE: Intake Valve atau klep masuk : 0,16 mm +/- 0,02 mm, sedangkan exhaust valve atau klep buang: 0,25 mm +/- 0,02 mm sesuaikan sesuai standar celah kerenggangan katup motor vario 110 di atas.
  8. Apabila jarak renggang klep tidak sesuai, buka kunci mur pengunci valve adjusting screw (sekrup penyetelan klep) dan sesuaikan jarak renggang klep dengan memutar adjusting screw hingga terasa sedikit tahanan pada feeler gauge. Pegang adjusting screw dan kencangkan kunci mur pengunci TORSI: 10 N.m (1,0 kgf.m, 7 lbf.ft)
    langkah-langkah penyetelan standar celah klep vario 110 125 Fi

  9. Periksa kembali jarak renggang klep. 

  10. Pasang cylinder head cover
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memeriksa dan menyetel celah klep pada Honda Vario 110 dengan akurat sesuai dengan standar yang diberikan. Pastikan untuk selalu merujuk pada petunjuk pabrik untuk informasi yang lebih detail dan akurat.

Berikut ini juga artikel tentang celah klep: sepeda motor Honda berbagai tipe dan  Yamaha berbagai tipe. Semoga artikel tentang ukuran standar celah klep (Katup) Honda Vario ini bermanfaat.
 

Posting Komentar

0 Komentar