Ticker

4/recent/ticker-posts

Lampu Tanda Belok (Sein) dan Hazard - Materi Lengkap Sistem Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok (Sein) dan Hazard

Penulis Angger Reda Tama, S.Pd., M.Pd.

Assalamu'alaikum Sahabat-ilmu.com - pada kesempatan ini kita akan belajar tentang sistem kelistrikan rangkaian lampu tanda belok atau sein dan hazard (turn signals wiring system) berikut ini.



A. Pengertian Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok atau Sein dan Hazard pada Kendaraan

Pembahasan pertama "Apa yang dimaksud dengan sistem rangkaian kelistrikan tanda belok atau sein?" atau "Jelaskan pengertian dari sistem rangkaian kelistrikan tanda belok atau sein!"

Berikut penjelasan tentang pengertian rangkaian kelistrikan tanda belok atau sein dan hazard adalah salah satu sistem penerangan yang penting sebagai pemberi tanda ke pengendara lain ketika kendaraan akan belok dan dengankan tanda hazard digunakan untuk tanda bahaya, kendaraan mogok, dan konvoi kendaraan. Sehingga Anda seharusnya mengaktifkan saklar lampu belok ataupun hazard ketika belok atau menempi ke kanan maupun ke kiri ataupun ketika ada bahaya. 



B. Fungsi Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok atau Sein dan Hazard pada Kendaraan

Pembahasan kedua "Lampu tanda belok berfungsi untuk ...?" atau "Jelaskan fungsi dari sistem rangkaian kelistrikan tanda belok atau sein dan hazard!"
Kegunaan atau fungsi dari lampu tanda belok atau sein dan hazard yaitu sebagai berikut.

  1. Dengan lampu tanda belok dapat memberi tanda ketika kendaraan akan belok ke kiri atau ke kanan.
  2. Memberi tanda bahaya, konvoi, dan kendaraan mogok dengan menyalakan lampu hazard.

C. Komponen Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok atau Sein dan Hazard pada Kendaraan


Pembahasan ketiga "Sebutkan komponen-komponen yang terdapat pada rangkaian kelistrikan 
tanda belok atau sein dan hazard!"

Komponen-komponen atau kelengkapan rangkaian kelistriakan tanda belok (sein) dan hazard yaitu:

  1. saklar lampu tanda belok pada universal saklar,
  2. saklar lampu hazard,
    fuse atau sekring,
  3. kabel,
  4. dudukan lampu tanda belok (sein),
  5. lampu tanda belok kode lampu, 
  6. flasher, dan
  7. kunci kontak (main switch).

D. Fungsi dari Komponen Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok atau Sein dan Hazard pada Kendaraan

Pembahasan ketiga "Jelaskan fungsi dari komponen-komponen yang terdapat pada rangkaian kelistrikan tanda belok atau sein dan hazard!"
  1. Saklar lampu tanda belok pada universal saklar.
    Pembahasan "Apa fungsi dari saklar lampu tanda belok (sein)?", "Saklar lampu tanda belok (sein) berfungsi untuk ....", dan "Jelaskan fungsi dari saklar lampu tanda belok (sein)?"

    Berikut penjelasan tentang fungsi dari saklar tanda belok yaitu untuk mengaktifkan rangkaian kelistrikan lampu tanda belok sehingga lampu tanda belok menyala dengan adanya arus listrik dari baterai  yang mengalir di dalam rangkaian tersebut.
  2. Saklar lampu hazard.
    Pembahasan "Apa fungsi dari saklar lampu tanda belok (sein)?", "Saklar lampu tanda belok (sein) berfungsi untuk ....", dan "Jelaskan fungsi dari saklar lampu tanda belok (sein)?"

    Berikut penjelasan tentang fungsi dari saklar lampu hazard yaitu untuk mengaktifkan rangkaian kelistrikan lampu semua tanda belok baik kanan dan kiri sehingga semua lampu tanda belok menyala dengan adanya arus listrik dari baterai  yang mengalir di dalam rangkaian tersebut.
    Contoh saklar hazard terpisah pada mobil.
  3. Fuse atau sekring.
    Pembahasan "Apa fungsi dari fuse atau sekring pada rangkaian kelistrikan?", "Fuse atau sekring berfungsi untuk ....", dan "Jelaskan fungsi dari fuse atau sekring pada rangkain kelistrikan?"

    Berikut penjelasan tentang fungsi dari fuse atau sekring adalah untuk pengaman yang putus apabila arus listrik dalam rangkaian melebihi dari standar arus listrik yang akan melewati rangkaian tersebut. Penyebab naiknya arus listrik pada suatu rangkaian apabila beban daya listrik terlalu besar atau terjadi konsleting. Sehingga jalur di dalam fuse menjadi panas dan putus.
  4. Kabel.
    Pembahasan "Apa fungsi dari kabel pada rangkaian kelistrikan?", "Kabel berfungsi untuk ....", dan "Jelaskan fungsi dari kabel pada rangkaian kelistrikan?"

    Berikut penjelasan tentang fungsi dari kabel adalah sebagai konduktor yang mampu menghantarkan arus listrik.
  5. Dudukan lampu tanda belok (sein).
    Pembahasan "Apa fungsi dari dudukan lampu tanda belok (sein)?", "Dudukan lampu tanda belok berfungsi untuk ....", dan "Jelaskan fungsi dari dudukan lampu tanda belok (sein)?"

    Berikut penjelasan tentang fungsi dari dudukan lampu tanda belok (sein) adalah sebagai tempat penopang bohlam lampu tanda belok.
  6. Lampu tanda belok kode lampu.
    Pembahasan "Apa fungsi dari lampu tanda belok (sein)?", "Lampu tanda belok berfungsi untuk ....", dan "Jelaskan fungsi dari lampu tanda belok (sein)?"

    Berikut penjelasan tentang fungsi dari lampu tanda belok (sein) adalah sebagai komponen yang mampu mengkonversikan energi listrik menjadi energi cahaya.
  7. Flasher.
    Pembahasan "Apa fungsi dari flasher pada rangkaian kelistrikan tanda belok (sein)?", "Flasher berfungsi untuk ....", dan "Jelaskan fungsi dari flasher pada rangkaian kelistrikan tanda belok (sein)?"

    Berikut penjelasan tentang fungsi dari flasher  adalah untuk memutus dan hubungkan arus listrik setiap sekian detik pada rangkaian kelistrikan sehingga nyala lampu berkedip. Flasher ada dua jenis rangkaian elektronik dan bimetal dengan lilitan. 
  8. Kunci Kontak (main switch)
    Pembahasan "Apa fungsi dari kunci kontak (main switch) pada rangkaian kelistrikan tanda belok (sein)?", "Kunci kontak (main switch) berfungsi untuk ....", dan "Jelaskan fungsi dari kunci kontak (main switch) pada rangkaian kelistrikan tanda belok (sein)?"

    Berikut penjelasan tentang fungsi dari kunci kontak (main switch) adalah untuk mengaktifkan beberapa sistem kelistrikan kendaraan.

E. Cara Kerja Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok atau Sein dan Hazard pada Kendaraan

  1. Cara Kerja Rangkaian Lampu Tanda Belok dan Hazard pada Saat OFF
    Ketika saklar klakson OFF maka arus listrik hanya mencapai flasher tetapi flasher belum aktif karena rangkaian masih terbuka atau belum tertutup.
  2. Pada Saat Saklar Lampu Tanda Belok (Sein) Kanan ON
    Pembahasan keempat "Jelaskan cara kerja dari rangkaian kelistrikan lampu tanda belok pada saat saklar lampu tanda belok kanan?" Suatu rangkaian pasti memiliki urutan cara kerja untuk mencapai fungsi kerjanya, begitu pula rangkaian kelistrikan lampu tanda belok dan hazard.

    Cara Kerja Rangkaian Lampu Tanda Belok (Sein) Pada Saat Saklar Kanan ON
    Ketika kunci kontak ON maka arus listrik dari baterai/aki menuju jalur IG menuju fuse dan diteruskan ke flasher. Kemudian ketika tuas saklar lampu tanda belok kanan ON maka arus listrik dari flasher berjeda menuju jalur saklar kanan dan diteruskan ke jalur kabel sein kanan. Sehingga rangkaian kelistrikan lampu sein kanan tertutup atau aktif dan menyebabkan lampu sein kanan menyala berkedip. Siklus ini terjadi terus menerus selama saklar kiri ON.
  3. Pada Saat Saklar Lampu Tanda Blok Kiri ON
    Pembahasan keempat "Jelaskan cara kerja dari rangkaian kelistrikan lampu tanda belok pada saat saklar lampu tanda belok kiri?" Suatu rangkaian pasti memiliki urutan cara kerja untuk mencapai fungsi kerjanya, begitu pula rangkaian kelistrikan lampu tanda belok dan hazard.
    Cara Kerja Rangkaian Lampu Tanda Belok (Sein) Pada Saat Saklar Kiri  ON
    Ketika kunci kontak ON maka arus listrik dari baterai/aki menuju jalur IG menuju fuse dan diteruskan ke flasher. Kemudian ketika tuas saklar lampu tanda belok kiri ON maka arus listrik dari flasher berjeda menuju jalur saklar kiri dan diteruskan ke jalur kabel sein kiri. Sehingga rangkaian kelistrikan lampu sein kiri tertutup atau aktif dan menyebabkan lampu sein kiri menyala berkedip. Siklus ini terjadi terus menerus selama saklar kiri ON.
  4. Pada Saat Saklar Lampu Hazard ON
    Pembahasan keempat "Jelaskan cara kerja dari rangkaian kelistrikan lampu tanda belok pada saat saklar lampu hazard ON?" Suatu rangkaian pasti memiliki urutan cara kerja untuk mencapai fungsi kerjanya, begitu pula rangkaian kelistrikan lampu tanda belok dan hazard.
    Cara Kerja Rangkaian Lampu Hazard Pada Saat Saklar Hazard ON
    Rangkaian lampu hazard tidak perlu kunci kontak ON. Jadi Ketika saklar hazard ON maka arus listrik dari baterai/aki menuju jalur B menuju fuse dan diteruskan ke flasher dengan arus listrik berjeda. Kemudian  arus listrik berjeda ini menuju jalur kabel sein kanan dan kiri. Sehingga rangkaian kelistrikan lampu sein kanan dan kiri tertutup atau aktif dan menyebabkan lampu sein kanan dan kiri menyala berkedip. Siklus ini terjadi terus menerus selama saklar kiri ON.

F. Analisis Kerusakan Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok atau Sein dan Hazard pada Kendaraan

Seiring penggunaan kendaraan maka umur komponen-komponen rangkaian kelistrikan lampu tanda belok dan hazard akan mengalami penurunan performa dan kerusakan. Sehingga perlu adanya pemeriksaan atau analisis kerusakan pada rangkaian kelisterikan lampu belok dan hazard ini. Pembahasan ini "Bagaimana cara analisis kerusakan rangkaian kelistrikan lampu tanda belok (sein) dan hazard?" atau pertanyaan "Jelaskan cara analisis kerusakan rangkaian kelistrikan lampu tanda belok (sein) dan hazard!"

Berikut cara analisis kerusakan lampu hazard.

  1. Ketika semua lampu sein nyala semua baik kanan dan kiri, tetapi tidak berkedip. Analisis kerusakan lampu tanda belok ini yaitu flasher rusak.
  2. Ketika semua lampu tanda belok (sein) semua tidak menyala dan hazard juga tidak menyala. Pastikan pemeriksaan tegangan listrik baterai/aki, jika baterai ok. maka ada beberapa kemungkinan analisis kerusakan fuse putus baik jalur dari B dan IG.
  3. Ketika semua lampu tanda belok (sein) semua tidak menyala tetapi lampu hazard dapat menyala. Pastikan pemeriksaan tegangan listrik baterai/aki, jika baterai ok. maka ada beberapa kemungkinan analisis kerusakan fuse putus jalur yang dari IG atau bisa juga kunci kontak rusak.
  4. Ketika lampu tanda belok kanan atau kiri salah satunya tidak menyala hanya salah satu bagian depan atau belakang dan lampu yang menyala tidak berkedip, sedangkan lampu menyala tidak berkedip. Analisis kerusakan tidak pada kunci kontak fuse dan flasher tetapi ada beberapa kemungkinan kerusakan yang terjadi yaitu salah satu lampu sein mati/putus, dudukan lampu sein kendor, atau dapat juga jalur yang menuju lampu yang mati yang putus.
  5. Ketika lampu tanda belok kanan atau kiri salah satunya tidak menyala baik depan dan belakang, tetapi ketika saklar hazard ON semua lampu sein menyala. Analisis kerusakan bukan pada kunci kontak fuse, fasher, dan jalur kabel, tetapi pada bagian dalam saklar lampu tanda belok yang ada kerusakan.
  6. Ketika lampu tanda belok kanan atau kiri salah satunya tidak menyala baik depan dan belakang, tetapi ketika saklar hazard ON hanya salah satu sisi lampu sein menyala. Analisis kerusakan tidak pada kunci kontak fuse dan flasher tetapi ada dua kemungkinan kerusakan yang terjadi yaitu kerusakan pada bagian dalam saklar lampu tanda belok yang ada kerusakan atau juga ada jalur kabel lampu sein yang mati.  
Tidak hanya rangkaian lampu sein saja yang perlu dipahami oleh seorang mekanik, tetapi juga rangkaian lampu kepala yang sering juga mengalami kerusakan. Selain itu rangkaian klakson juga kadang terjadi kerusakan.

Semoga artikel "Materi Lengkap Sistem Rangkaian Kelistrikan Lampu Sein dan Hazard pada Mobil" bermanfaat bagi Sobat Sahabat-ilmu.com, jangan lupa follow web kami. Terima kasih telah berkunjung di web kami.

Posting Komentar

0 Komentar