Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian, Jenis-jenis, dan Perawatan Transmisi Manual

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., Gr., M.Pd.

Assalamu'alaikum, Sobat sahabat-ilmu.com. Kali ini  kita akan membahas jenis-jenis transmisi manual. Kendaraan dengan transmisi manual sangat diminati di kalangan masyarakat terutama untuk transportasi angkutan dan niaga. Karena biaya perawatan yang relatif lebih murah dibandingkan dengan transmisi otomatis. Berikut ini poin materi transmisi manual yang akan kita bahas.
A. Pengertian Transmisi Manual
B. Jenis-jenis Transmisi Manual
C. Perawatan Berkala Transmisi Manual

A. Pengertian Transmisi Manual

Transmisi manual adalah suatu jenis transmisi yang pengoperasian harus menginjak pedal kopling untuk memindahkan roda gigi percepatannya sehingga diperoleh variasi putaran dan tenaga. 

Kelebihan Transmisi Manual

  1. Perawatan lebih murah.
  2. Effisiensinya lebih tinggi dibanding dengan tipe transmisi otomatis.

Kekurangan Transmisi Manual

  1. Pengoperasiannya kurang praktis karena harus memijak pedal kopling, hal ini akan terasa jika berkendara saat jalan terjadi kemacetan. 
  2. Responsibilitas perpindahan gear percepatannya kurang. 
sebutkan jenis-jenis transmisi manual

B. Jenis-jenis Transmisi Manual

1. Tranmisi Manual Tipe Slidingmesh  

Transmisi manual tipe slidingmesh merupakan suatu jenis transmisi manual yang dimana proses perpindahan giginya dengan cara menggeser langsung roda gigi percepatan agar terhubung dengan counter gear.
https://www.sahabat-ilmu.com/2019/03/jenis-jenis-transmisi-manual.html
Kelebihan Transmisi Manual Tipe Sliding

2. Tranmisi Manual Tipe Constantmesh

Transmisi manual tipe constantmesh merupakan suatu jenis transmisi manual yang dimana proses perpindahan giginya dengan cara menggeser clutch gear (kopling roda gigi) agar terkunci dengan roda gigi percepatan. Sehingga putaran dan daya pada  roda gigi percepatan terhubung dengan poros output transmisi.

https://www.sahabat-ilmu.com/2019/03/jenis-jenis-transmisi-manual.html

3. Tranmisi Manual tipe Synchromesh

Transmisi manual tipe synchromesh merupakan suatu jenis transmisi manual yang dimana proses perpindahan giginya dengan cara menggeser hub sleeve  pada synchromesh atau synchronizer agar terkunci dengan roda gigi percepatan. Sehingga putaran dan daya pada  roda gigi percepatan diteruskan ke poros output transmisi.

Terdapat aliran pemindah tenaga pada transmisi syncrhomesh yang juga perlu dipelajari lebih rinci. Agar dapat digunakan sebagai dasar menganalisis kerusakan pada transmisi jenis ini sehingga kita dapat melakukan perbaikan pada transmisi manual.
transmisi manual 5 6 speed

https://www.sahabat-ilmu.com/2019/03/jenis-jenis-transmisi-manual.html

C. Perawatan Berkala Transmisi Manual

Pelaksanaan tindakan perawatan berkala transmisi manual diperlukan setiap kelipatan 20.000 Km dengan syarat tidak ada kebocoran oli pada transmisi manual. Berikut merupakan tindakan perawatan berkala transmisi manual.
  1. Mengecek ketinggian level dengan melepas baut pengisian oli kemudian dicek menggunakan ujung jari. Jika ujung jari terasa menyentuh permukaan oli sesuai ketinggian lubang pengisian, hal ini menunjukan bahwa ketinggian oli masih penuh.
  2. Menambah oli jika berkurang.
  3. Penggantian oli transmisi manual yaitu menguras oli dan mengganti oli transmisi dengan yang baru setiap 20.000 Km dengan cara siapkan nampan di tepat di bawah baut penguras oli. Selanjutnya lepas baut pengisian dan penguras oli transmisi. Semprot lubang pengsisian oli dengan angin bertekanan dari kompresor. Setelah terkuras semua, kemudian isikan oli trasnmisi sesuai grade yang dianjurkan pada tipe mobil yang sedang dilakukan penggantian oli tranmisi.

Semoga penjelasan tentang "Pengertian, Jenis-jenis, dan Perawatan Transmisi Manual" bermanfaat bagi Sobat Sahabat-ilmu. Terima kasih telah membaca artikel di sahabatilmu.com.