Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., M.Pd.

Masalah yang banyak diderita di era milenial sekarnag ini salah satunya adalah  penyakit jantung. Hal tersebut dipicu oleh kebiasaan pola hidup kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, minuman dingin, dan sering minum obat-obatan kimia.
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menjaga kesehatan jantung dengan mudah? Sebenarnya tidak terlalu sulit jika Anda bertekad melakukan tips memelihara fungsi jantung dan juga organ tubuh lain berikut ini.

 1. Berhenti Merokok Sedini Mungkin

Kebiasan merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Karena sugesti dalam pikiran meyakini bahwa merokok mampu menghilangkan kecemasan dan dapat membuat rileks. Padahal sebenarnya aktifitas merokok yang mengalihkan pikiran Anda dari segala macam masalah, bukan asap rokoknya. Sehingga Anda perlu mengalihkan aktifitas merokok ketika cemas dengan aktifitas positif lainnya ketika Anda cemas, seperti melukis,  membaca atau aktifitas positif lain yang Anda gemari. Karena dengan berhenti merokok total maka Anda telah berusaha menjaga kesehatan jantung, paru-paru, hati, dan organ lain di dalam tubuh Anda.

Mungkin Anda bertanya-tanya, "Kenapa merokok memicu penyakit jantung dan organ penting lainnya?"
Ada beberapa alasan tentang hal tersebut.
a. Kandungan zat berbahaya di dalamnya melekat pada sistem pernafasan dan bronkus di dalam paru-paru.

b. Ketika banyak bronkus yang sel-selnya rusak maka fungsi pulmonalis pada paru-paru  menjadi berkurang dan oksigen yang ditransfer ke darah semakin sedikit padahal seluruh sel-sel tubuh memerlukan oksigen. Sehingga kerja jantung semakin berat memompa darah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Akbibanya jantung berdetak lebih kencang kemudian detaknya di bawah normal karena lemah jantung ditandai muka pucat dan mudah lelah. 

c. Kanker paru-paru dan dapat juga kanker janyung. Sel-sel jantung dan paru-paru mengalami kelainan sel karena terkena zat beracun dari kandungan rokok.

d.  Penyakit hati dan dapat juga kanker, karena sel-sel darah merah diperbarui di dalam hati. Ketika banyak zat beracun dalam darah, maka banyak sel dalam hati yang terkontaminasi dengan zat berbahaya.

e. Zat beracun dalam rokok yang berlebihan mampu membuat komplikasi penyakit pada beberapa organ sekaligus. Oleh karena itu negara-negara maju sudah melarang orang merokok di area umum dan tempat publik.

Jika Anda masih berat meninggalkan aktifitas merokok, maka Anda jangan egois merokok di sembarang tempat yang dimana asapnya tersebar kemudian dihirup orang lain yang tidak merokok. Jika Anda nekat merokok di tempat umum, jadilah Anda manusia perkasa saat Anda merokok maka asap rokoknya jangan Anda keluarkan. Kira-kira bagaimana nasib Anda beberapa menit kemudian?

2. Mengurangi Makanan Berlemak

Kebiasaan nomor dua yang sangat sulit ditinggalkan. Kandungan lemak berlebih dalam tubuh mampu mempercepat penyumbata dalam peredaran darah dan pembuluh darah. 

Periksalah segera kadar kolesterol Anda. Jika kadar kolesterol melebihi batas normal, segeralah mengubah pola makan sehat dan berimbang. Mengurangi makanan berlemak dan makan sayuran dan buah-buahan secara seimbang setiap hari.

3. Hindari Kebiasaan Minum Obat Ketika Baru Gejala Pusing dan Flue

Banyak orang beranggapan ketika gejala pusing atau flue, maka mereka minum obat agar tidak pusing ataupun flue. Padahal ini dapat menimbun zat kimia dalam darah dan tekanan darah tinggi, jika dilakukan terus-menerus. 

Hal pertama yang Anda lakukan jika merasakan gejala pusing atau flue, segera seduh tiga teh celup tanpa gula, kemudian minumlah selagi hangat setelah Anda makan atau sebelum makan. Selanjutnya istirahatlah yang cukup dan perbanyak makan buah-buahan dan sayuran. Jika dalam waktu lama Anda meninggalkan kebiasaan minum obat-obatan, maka imun daya tubuh Anda akan meningkat dan tidak mudah sakit.

4. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga tidak harus di luar ruangan. Jika Anda sibuk, Anda dapat melakukan peregangan dan lari ditempat setelah bagun tidur. Setelah keringat kering baru Anda mandi. Selain hal tersebut, jika Anda Muslim maka Anda melakukan ibadah sholat 5 waktu dan sunnah dengan sungguh-sungguh juga membuat Anda lebih sehat dan rileks.

Semoga pembahasann menjaga jantung supaya tetap sehat bermanfaat bagi Sobat Sahabat-ilmu.com

Posting Komentar

0 Komentar