Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Jantung

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., M.Pd.
Judul   : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Jantung

Assalamu'laikum Sahabat-ilmu.com - Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas materi tentang organ jantung. Organ ini termasuk salah satu organ vital bagi manusia, selain organ paru-paru.


A. Pengertian Jantung

Jantung adalah suatu organ penting pada sistem peredaran darah untuk memompa darah yang banyak mengandung oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dan menerima darah sisa metabolisme tubuh kemudian dipompa ke paru-paru. Sehingga jantung merupakan organ vital bagi kehidupan manusia dan hewan, karena disfungsi jantung dapat mengakibatkan kematian. 

fungsi bagian-bagian jantung adaah


"Jaringan tubuh membutuhkan pasokan nutrisi yang konstan agar dapat aktif," kata Dr Lawrence Phillips, ahli jantung di NYU Langone Medical Center di New York. "Jika jantung tidak dapat memasok darah ke organ dan jaringan, mereka akan mati."

B. Kegunaan Jantung bagi Tubuh Manusia

Fungsi jantung yang utama adalah sebagai pompa utama dalam sistem peredaran darah agar sel-sel tubuh tercukupi oksigen dan nutrisi. Selain itu mengangkut zat-zat sisa metabolisme sel-sel dalam tubuh.  

C. Anatomi Bagian-bagian Jantung Manusia

Berikut ini bagian-bagian utama pada jantung.
  1. Serambi Kanan (Right Atrium

  2.  Bilik Kanan (Right Ventricle

  3. Serambi kiri (left atrium)

  4. Bilik Kiri (Left Ventricle

  5. Katup-katup pada Jantung

  6. Pengikat Jantung (Chordae Tendinae)


siklus aliran darah pada jantung
Pada manusia, jantung kira-kira seukuran kepalan tangan besar dan beratnya antara 10 hingga 12 ons (280 hingga 340 gram) pada pria dan 8 hingga 10 ons (230 hingga 280 gram) pada wanita, menurut Henry Gray dalam "Anatomy of the Human Body."

Ukuran jantung manusia sekitar ukuran kepalan tangan. Jantung memiliki empat ruang di dalamnya yaitu dua ruang atas atau atrium (atria) dan dua yang lebih rendah atau ventrikel (ventricle), menurut National Institutes of Health. Atrium kanan dan ventrikel kanan membentuk "jantung kanan," dan atrium kiri dan ventrikel kiri membentuk "jantung kiri." Keduanya dipisahkan dinding otot yang disebut septum.

Kantung berdinding ganda yang disebut perikardium (pericardium) yang membungkus jantung. kantung ini memiliki fungsi melindungi jantung dan menaruhnya di dalam dada. Di antara lapisan luar (outer layer), perikardium parietal (parietal pericardium), lapisan dalam (inner layer), serik perikardium (serous pericardium), dan runs pericardial fluid yang melumasi jantung selama kontraksi, selain itu juga melumasi paru-paru dan diafragma.

Dinding luar jantung terdiri dari tiga lapisan. Lapisan dinding terluar, atau epicardium, adalah dinding bagian dalam dari pericardium. Lapisan tengah, atau miokardium, berisi otot yang berkontraksi. Lapisan dalam, atau endokardium, adalah lapisan yang menghubungi darah.

Tiap bagian dari anatomi jantung memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah penjelasannya secara lebih detail.

D. Fungsi Bagian-bagian Jantung

1.   Serambi Kanan (Right Atrium
Fungsi serambi kanan adalah untuk memompa darah kotor dari vena kava superior dan inferior menuju bilik kanan (right ventricle) saat katrup tricuspid  membuka. Pada jantung sebuah janin dalam rahim ibu, terdapat lubang pada serambi kanan yang berfungsi untuk mengalirkan darah secara langsung ke serambi kiri. Hal tersebut penting untuk sirkulasi darah dalam janin, karena paru-paru janin belum mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

2.   Bilik Kanan (Right Ventricle)
Fungsi bilik kanan pada jantung adalah untuk memompa darah kotor dari serambi kanan (right atrium) menuju arteri pulmonalis paru-paru melalui katup pulmonalis. Sehingga karbon dioksida dalam darah dapat ditukar dengan oksigen melalui proses respirasi di alveoli dalam paru-paru. 

3.   Serambi kiri (left atrium)
Fungsi serambi kiri pada jantung adalah untuk memompa darah bersih  melalui vena pulmonalis (pulmonary vein) dari paru-paru, kemudian dipompa menuju bilik kiri melalui katup mitral. 

4.   Bilik Kiri (Left Ventricle)
Fungsi bilik kiri pada jantung adalah untuk memompa darah dari serambi kiri (left atrium) menuju saluran aorta dan diteruskan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.
Jadi bagian jantung yang berisi darah bersih adalah serambi kiri dan bilik kiri.
5.    Pembuluh darah pada Jantung
Terdapat beberapa jenis pembuluh darah dari jantung antara lain.

a)   Pembuluh darah aorta adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah bersih dari jantung menuju ke jaringan sel-sel seluruh tubuh.

b)  Pembuluh darah vena kava superior adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah kotor dari jaringan sel-sel seluruh tubuh bagian atas menuju kembali kejantung.

c)   Pembuluh darah vena kava inferior adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah kotor dari jaringan sel-sel seluruh tubuh bagian bawah menuju kembali ke jantung.

d)  Pembuluh darah arteri pulmonari adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah kotor dari jantung menuju paru-paru.

e)  Pembuluh darah vein pulmonari adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah bersih dari paru-paru menuju jantung.

6.    Katup-katup dalam Jantung

Berikut pembahasan beberapa katup jantung dan juga penjelasan letak katup jantung.

a. Katup Tricuspid (Tricuspid Valve)
Letak katup tricuspid di jantung terdapat di antara serambi kanan dengan bilik kanan. Fungsi katup tricuspid adalah untuk membuka dan menutup aliran darah dari serambi kanan menuju bilik kanan.
Katup pada Jantung


b. Katup Mitral (Mitral Valve)
Letak katup mitral terdapat di antara serambi kiri dengan bilik kiri. Fungsi katup mitral adalah untuk membuka dan menutup aliran darah dari serambi kiri menuju bilik kiri.

Katup trikuspid dan katup mitral membentuk katup atrioventrikular (atrioventricular/AV valve) yang berfungsi menghubungkan atrium dan ventrikel. kedua katup ini membuka dan menutup secara bergantian ketika jantung berdetak.

c. Katup pulmonary semi-lunar 
Fungsi atup pulmonary semi-lunar adalah untuk memiliki fungsi bilik kanan dari arteri pulmonalis.

d. Katup aorta 
Fungsi katup aorta adalah untuk memisahkan bilik kiri dari aorta. 

7.   Pengikat Jantung (Chordae Tendinae
Fungsi pengikat jantung (chordae tendinae) adalah sebagai jangkar katup-katup ke otot jantung. Terdapat Simpul sinoatrial menghasilkan pulsa listrik yang mendorong kontraksi bagi jantung.


cara kerja Jantung adalah

E. Cara Kerja Jantung

Siklus jantung bekerja memompa darah yang mengandung oksigen dan nutrisi dari vena pulmonalis (pulmonary vein) menuju saluran aorta ke seluruh sel tubuh dan menerima darah sisa metabolisme yang banyak mengandung karbondioksida dari saluran vena kava superior dan inferior, kemudian dipompa menuju paru-paru yang mengandung karbondioksida menunju arteri pulmonalis (pulmonary artery).  Siklus jantung ini terjadi berulang-ulang selama jantung masih berdetak. 

Secara pengertian yang mudah cara kerja jantung mengalirkan darah melalui dua jalur yaitu jalur paru dan jalur seluruh tubuh, kemudian kembali lagi ke jantung. Berikut mengenai penjelasan lengkap tentang cara kerja jantung.
bagian-bagian jantung adalah

Aliran darah dari jantung ke jalur paru-paru atau sebaliknya.
Darah yang terdeoksigenasi meninggalkan ventrikel kanan jantung melalui arteri pulmonalis dan bergerak ke paru-paru, kemudian kembali sebagai darah teroksigenasi ke atrium kiri jantung melalui vena paru.

Aliran darah dari jantung menuju jalur seluruh tubuh atau sebaliknya
darah beroksigen meninggalkan tubuh melalui ventrikel kiri ke aorta, dan dari sana memasuki arteri dan kapiler tempat darah memasok jaringan tubuh dengan oksigen. Darah yang terdeoksigenasi kembali melalui vena ke venae cavae, memasuki kembali atrium kanan jantung.

F. Gangguan dan Penyakit pada Organ Jantung

Penyumbatan pada salah satu dari saluran arteri ini dapat menyebabkan serangan jantung atau dapat juga kerusakan pada organ jantung. Penyumbatan peredaran darah terbesar disebabkan oleh kolesterol dan zat-zat kimia dari obat-obatan yang menggumpal menutupi saluran dalam sistem peredaran darah. Serangan jantung lain yang berbahaya yaitu jantung berhenti berdetak. Karena jantung kehilangan fungsi secara tiba-tiba.  Sehingga tidak baik mengkonsumsi makanan berlemak secara belebihan dan minum obat-obatan terlalu sering. 

Jika jantung sering berdetak kencang maka sebaiknya periksalah segera ke dokter dan mulailah menjalankan pola hidup sehat dengan banyak memakan sayuran dan buah-buahan.

G. Cara Memelihara Kesehatan Jantung

Pentingnya menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan beberapa hal sebagai berikut.
  1. Rutin berolahraga, agar kolesterol dalam sistem peredaran darah dapat seimbang.
  2. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan organik, karena nutrisi yang terkandung mampu mengikat oksigen dalam darah. Sehingga kerja jantung tidak terlalu berat dalam menyuplai oksigen keseluruh tubuh.
  3. Kurangi mengkonsumsi obat-obat kimia ketika sakit. Sehingga perlu beralih ke obat-obatan yang herbal.
  4. Berhenti merokok. Sebab asap dan kandungan berbahaya di dalamnya mengakibatkan menurunnya fungsi kerja paru-paru. Sehingga respirasi oksigen akan berkurang di dalam paru-paru, karena kandungan zat-zat berbahaya membuat darah menjadi kotor dan darah sulit mengikat oksigen di dalam pembuluh pulmonary di paru-paru. Akibatnya kerja jantung menjadi lebih berat untuk mensuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dan detak jantung bertambah cepat. 
Menjaga kesehatan jantung memang tidak mudah karena memerlukan niat dan tindakan agar tercapai.

Posting Komentar

0 Komentar