Header Ads Widget


Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Lengkap Gardan atau Diferensial (Differential)

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., Gr., M.Pd.

Assalmuálaikum Sobat Sahabat-ilmu.com, kali ini kita akan belajar materi gardan atau diferensial (differential), berikut ini yang akan kita bahas. 
A. pengertian gardan atau diferensial (differential).
B. Fungsi gardan atau diferensial.
C. Syarat yang harus dimiliki gardan atau diferensial.
D. Komponen gardan atau diferensial.
E. Jenis-jenis gardan atau diferensial.
F. Cara kerja gardan atau diferensial.
G. Perawatan gardan atau diferensial.

A. Pengertian Gardan atau Diferensial (Differential/Reduction Gear)

Istilah diferensial (differential) sering disebut juga gardan atau gigi pereduksi (reduction gear). Pertanyaannya, "Apa yang dimaksud gardan atau deferensial?"

Gardan atau diferensial adalah suatu unit pemindah tenaga yang komponennya didominasi oleh roda gigi berbentuk bevel yang berfungsi untuk mereduksi putaran dan tenaga roda penggerak sisi dalam ketika belok kemudian putaran dan tenaga ditambahkan ke roda penggerak sisi luar.

Dengan kata lain ketika mobil belok kanan, maka roda penggerak kanan (sisi dalam) akan berputar pelan dan roda penggerak kiri (sisi luar) akan berputar lebih cepat. Berlaku juga sebaliknya ketika mobil  ketika belok ke kiri, maka roda penggerak kiri (sisi dalam) akan berputar pelan dan roda penggerak kanan (sisi luar) akan berputar lebih cepat.

Kita juga sering menjumpai pertanyaan terkait gardan atau diferensial, "Dimana letak gardan atau diferensial pada kendaraan?"

Letak gardan atau diferensial yaitu terletak antara dua poros penggerak roda pada kendaraan roda empat, sedangkan pada sepeda motor gardan terletak di roda penggerak tetapi sifatnya hanya sebagai roda gigi reduksi bukan membedakan dua poros penggerak seperti gardan atau diferensial pada kendaraan roda empat.

Pada mobil jenis FR (Front Engine Rear Drive) putaran dan tenaga gardan (diferensial) berasal dari poros propeler (propeller shaft), sedangkan pada mobil jenis FF (Front Engine Front Drive) putaran dan tenaga langsung berasal dari transmisi.

B. Fungsi Gardan (Diferensial)

Setelah memahami penjelasan di atas pertanyaan selanjutnya "Jelaskan fungsi gardan atau diferensial!"

Berikut ini penjelasan fungsi diferensial atau gardan adalah berfungsi untuk membedakan putaran dan daya pada poros roda penggerak saat kendaraan belok dan juga sesuai beban dan gaya gesek pada masing-masing roda penggerak.

Jadi dengan adanya diferensial ketika kendaraan belok maka roda penggerak sisi dalam akan berputar lebih pelan dari pada roda penggerak sisi luar. Karena kendaraan saat belok tumpuannya berada pada roda sisi dalam, sehingga roda penggerak sisi dalam mendapat beban yang lebih besar daripada roda penggerak sisi luar, dan putaran dan tenaga akan ditambahkan menuju roda penggerak sisi luar. Dengan demikian roda penggerak sisi dalam berputar lebih pelan dibandingkan dengan roda penggerak sisi luar.

Ada pertanyaan, "Kenapa mobil slip di jalan berlumpur atau pasir?"

Karena salah satu roda penggerak mendapat media lumpur atau pasir beban gaya gesek mendekati nol "0" sehingga roda penggerak ini berputar lebih cepat, sedangkan roda penggerak yang tidak mendapat media jalan lumpur tidak berputar. Sehingga mobil tidak akan melaju karena slip pada salah satu roda penggerak.
Jadi faktor gesekan pada media jalan juga sangat yang dilalui oleh roda penggerak berpengaruh pada gardan atau diferensial.

C. Syarat-syarat Gardan (Diferensial)

Jika Anda menjumpai pertanyaan, "Sebutkan syarat-syarat yang harus dimiliki gardan atau diferensial?" 
Berikut ini penjelasan syarat-syarat yang harus dimiliki gardan atau diferensial.
  1. Gardan atau diferensial harus mampu mereduksi putaran dan tenaga pada roda penggerak sisi dalam ketika belok dan menambahkan putaran dan tenaga ke roda penggerak sisi luar
  2. Gardan atau diferensial harus mampu menyamakan putaran dan tenaga pada roda penggerak ketika di jalan lurus.
komponen Diferensial adalah



D. Komponen Gardan (Diferensial)

Pembahasan selanjutnya "Sebutkan komponen-komponen diferensial atau gardan!"

Komponen pada unit diferensial/gardan  paling banyak didominasi roda gigi berbentuk bevel. Pembahasan selanjutnya "Sebutkan komponen-komponen pada gardan atau diferensial!"

Berikut ini komponen-komponen gardan atau diferensial.
  1. Companion Flange
    Fungsi companion flange adalah suatu komponen diferensial yang berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga dari poros propeler (propeller shaft) menuju ke pinion shaft.
  2. Pinion Shaft
    Fungsi pinion shaft adalah suatu komponen diferensial yang berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga dari companion flange kemudian digunakan untuk menggerakan drive pinion gear.
  3. Drive Pinion Gear
    Fungsi drive  pinion gear adalah suatu komponen diferensial yang berfungsi meneruskan putaran dan tenaga dari pinion shaft kemudian digunakan untuk menggerakan ring gear.
  4. Ring Gear
    Fungsi ring gear atau corona gear adalah suatu komponen diferensial yang berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga dari drive pinion gear kemudian digunakan untuk menggerakkan differential case.
  5. Differential Case
    Fungsi differential case adalah suatu komponen diferensial yang berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga dari ring gear kemudian digunakan untuk  pinion gear yang ada di dalam diferensial case.
  6. Differential Pinion Gear
    Fungsi differential pinion gear adalah suatu komponen diferensial yang berfungsi untuk menambah dan mengurangi putaran dan tenaga yang menuju side gear.
  7. Side Gear
    Fungsi side gear adalah suatu komponen diferensial yang berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga dari differential pinion gear kemudian digunakan untuk menggerakan axle shaft.
  8. Adjuster Screw
    Fungsi adjuster screw adalah suatu komponen diferensial yang berfungsi untuk mengatur backlash antara side gear dengan differential pinion gear.
  9. Axle shaft
    Fungsi axle shaft adalah suatu poros yang berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga dari side gear kemudian digunakan untuk menggerakan roda. 
gardan adalah

E. Cara Kerja Gardan (Diferensial)

Selanjutnya kita akan membahas "Jelaskan cara kerja gardan atau diferensial (differential)!" atau "Bagaimana cara kerja gardan atau diferensial?"
Berikut ini penjelasan bagaimana cara kerja gardan atau diferensial yaitu pinion shaft menggerakkan drive pinion gear > ring gear > differensial case > differential pinion gear membagi putaran dan tenaga menuju side gear ke axle shaft sesuai beban roda penggerak.

F) Jenis-jenis Gardan (Diferensial)

Gardan (Diferensial) memiliki jenis-jenis sebagai berikut:
  1. Worm Gear
  2. Hypoid Bevel Gear
  3. Spiral Bevel Gear
  4. Straight Bevel Gear

G. Perawatan Gardan (Diferensial)

Selanjutnya kita akan membahas "Jelaskan cara perawatan berkala  gardan atau diferensial (differential)!" atau "Bagaimana cara ara perawatan berkala gardan atau diferensial?"

Perawatan berkala pada gardan atau diferensial mudah dan relatif cukup lama, berikut ini perawatan pada unit gardan atau diferensial.
  1. Penggantian oli gardan dilakukan setiap 40.000 Km. Ganti oli gardan sesuai dengan spesifikasi oli gardan kendaraan.
  2. Melakukan penyetean pada adjuster screw jika gardan mendengung dengan menguras oli kemudian melepas poros roda selanjutnya melepas gardan dan menyetelnya.
  3. Mengganti sim pada side gear dan differential pinion gear jika adjuster screw sudah tidak dapat disetel.
  4. Mengganti bearing jika run out ring gear tidak standar.
  5. Menempa ring gear dengan alat press dan termal.
Semoga artikel tentang gardan bermanfaat bagi sobat Sahabat-ilmu.com