Ticker

4/recent/ticker-posts

Pentingnya One Round Check dalam Keselamatan Berkendara

Assalamu'alaikum, Sobat sahabat-ilmu.com

Apa itu One Round Check Vehicle?
Pengerian one round check pada kendaraan adalah suatu tindakan untuk memeriksa bagian-bagian penting kendaraan seperti (1) pemeriksaan ketinggian reservoir tank pada master silinder rem dan kopling, (2) pemeriksaaan ketinggian air coolen radiator, oli mesin, oli power steering, (3) pemeriksaaan keadaan roda kerndaraan, (4) pemeriksaan kelistrikan pada wiper, washer, dan kelistrikan lampu-lampu kendaraan. Semua hal tersebut dilakukan dalam satu kali waktu atau dalam satu rounde.

Pentingnya melakukan one round check pada mobil mungkin belum semua pengendara tahu mengenai hal tersebut. One round check berfungsi untuk mengetahui kondisi fungsi-fungsi sistem pada kendaraan dan untuk mengetahui level atau ketinggian oli pada sistem rem, sistem kopling, dan sistem power steering. Sehingga hal ini sangat dianjurkan bagi pengendara untuk mengetahui kondisi awal kendaraannya.

Langkah-langkah melakukan one round check pada mobil antara lain:
(1) Memeriksa ketinggian reservoir tank pada master silinder rem dan kopling.
(2) Memeriksa ketinggian air coolen radiator, oli mesin, dan oli power steering.
(3) Memeriksa keadaan roda kerndaraan.
(4) Memeriksa kelistikan pada wiper, washer, dan kelistrikan lampu-lampu kendaraan (lampu kepala, lampu kota, lampu sein, dan lampu rem).

Keuntungan pengendaran melakukan one round check yaitu:
1) Pengendara dapat mengetahui kondisi kendaraannya sebelum berkendara.
2) Pengendara dapat langsung melakukan langkah preventif seperti melakukan pengisian air coolant pada sistem pendingin radiator dan oli-oli pada sistem kendaraan.
3) Pengendara dapat mengetahui kondiri roda, fungsi rem, sistem kemudi, fungsi kelistrikan seperti lampu, wiper, dan washer. Hal ini merupakan kelengkapan dari safety drive.

One round check hanya membutuhkan waktu 5 menit,  hal tersebut merupakan usaha dalam aman dan selamat dalam berkendara. Jika anda mengutamakan keselamatan berkendara hendaklah melakukan tips tersebut.

Namun Jangan lupa hal yang paling utama selain itu, Tentu saja berdo'a setelah one round check dan jangan lupa patuhilah rambu lalu lintas serta jangan pacu kendaraan anda secara berlebihan.

Posting Komentar

0 Komentar