Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Majas Perbandingan - Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Majas Perbandingan

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., Gr., M.Pd.

Assalamamu'alaikum Sobat Sahabat-ilmu.com semoga sehat selalu, kita akan membahas tentang majas perbandingan pada  penjelasan berikut ini.
A. Pengertian Majas Perbandingan
B. Jenis-jenis Majas Perbandingan
C. Pembahasan dan Contoh-contoh Majas Perbandingan

jenis-jenis majas perbandingan

A. Pengertian Majas Perbandingan

Pembahasan pertama "Apa yang dimaksud dengan majas perbandingan?" Pengertian majas perbandingan adalah suatu gaya bahasa membandingkan suatu hal yang satu dengan hal yang lain dengan maksud dan tujuan tertentu.

B. Jenis-jenis Majas Perbandingan

Pembahasan kedua "Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis dari majas perbandingan!"
Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis majas perbandingan.
  1. Majas Personifikasi
  2. Majas Simbolik
  3. Majas Metafora
  4. Majas Hiperbola
  5. Majas Simile
  6. Majas Alegori
  7. Majas Eufimisme
  8. Majas Sinekdoke

C. Pembahasan dan Contoh-contoh Majas Perbandingan

  1. Majas personifikasi
    Pembahasan berikutnya "Apa yang dimaksud dengan majas personifikasi?" Pengertian majas personifikasi adalah suatu jenis majas perumpaan yang dimana menggunakan gaya bahasa untuk mengungkapkan benda atau tumbuhan seolah-olah menyerupai manusia. Majas ini banyak dipergunakan dalam puisi karena majas ini memiliki nilai estetika di dalamnya.

    Pembahasan selanjutnya "
    Sebutkan contoh-contoh dari majas personifikasi!" dan "Berilah contoh dari majas personifikasi!" Berikut ini merupakan contoh dari majas personifikasi.
    • Sang surya menatapku dengan ceria.
    • Purnama malam meredupkan hariku yang sedih.
    • Tanaman melambai-lambai memanggil sang hujan.
    • Udara dingin menusuk ragaku.
    • Ombak berlarian menerjang pantai.
  2. Majas Simbolik
    Pembahasan selanjutnya "Apa yang dimaksud majas simbolik?" dan "Jelaskan pengertian majas simbolik!" Berikut penjelasan tentang pengertian majas simbolik adalah suatu jenis majas perbandingan yang dimana gaya bahasa mengunakan simbol untuk dibandingkan dengan suatu hal yang memiliki kesamaan tertentu. Simbol dapat berupa benda, tokoh, lambang, atau juga hewan. Simbol yang digunakan dalam majas ini mempunyai makna tertentu yang mewakili suatu hal yang ingin disampaikan.

    Pembahasan berikutnya "
    Sebutkan contoh-contoh dari majas simbolik!" dan "Berilah contoh dari majas simbolik!" Berikut ini merupakan contoh dari majas simbolik.
    • Anak itu malu-malu kucing ketika tampil ke depan.
    • Dia bunga desa di kampungku.
    • Dia dikambing hitamkan di kasus korupsi.
    • Dia panjang tangan sehingga sering keluar masuk penjara.
    • Dia pria hidung belang sering menggoda wanita yang lewat di depannya. 

    • Majas Metafora
      Pembahasan berikutnya "Apa yang dimaksud majas metafora?" dan "Jelaskan pengertian majas metafora!" Pengertian majas metafora adalah suatu majas yang dimana mengandung gaya bahasa frase kiasan atau bukan makna sebenarnya sehingga memiliki nilai estetika. Majas metafora ini sering digunakan pada karya sastra seperti puisi, pantun, syair, dan lain sebagainya.

      Pembahasan berikutnya "Sebutkan contoh-contoh dari majas metafora!" dan "Berilah contoh dari majas metafora!" Berikut ini merupakan contoh dari majas metafora.
      • Metafora Absolut adalah suatu jenis majas metafora yang membandingkan dua hal yang mana tidak mempunyai hubungan yang jelas atau untuk membuat titik beda yang mencolok. Metafora absolut  dikenal juga sebagai majas metafora paralogis atau majas antimetafor. 
      • Majas metafora mati adalah suatu jenis majas metafora yang lebih mudah dimengerti dan sering dipergunakan dalam karya sastra. Contoh majas metafora mati yaitu: “Kau belajan hatiku”, atau “Engkau panutan hidupku.” 
      • Contoh majas absolut atau paralogis atau antimetafor yaitu  “Kamu menggunakan jalan tali dengan nilai-nilainya di semester ini.”
      • Metafora Kompleks adalah suatu jenis majas metafora yang terdapat unsur membandingkan dua subjek atau lebih. Contoh: “Hidup tidak lebih dari kuali seorang tukang sihir yang penuh dengan zamrud.”
      • Metafora yang diperpanjang adalah salah satu jenis majas kumpulan majas metafora dalam satu paragraf untuk membuat perupamaan perbadingan yang mendalam. Contoh majas metafora yang doperpanjang : seperti dalam contoh klasik dari Romeo dan Juliet: “Cahaya apa yang menembus jendela di sana? Itu adalah cahaya bulan, dan Juliet adalah matahari! Bangkitlah, matahari cerah, dan bunuh bulan yang iri, yang sudah sakit dan pucat karena kesedihan.”
      • Metafora Tersirat adalah suatu jenis majas metafora yang membandingkan dua hal tanpa menggunakan istilah tertentu. Sontoh majas ini yaitu “Menghabiskan terlalu banyak waktu bersamanya lebih buruk daripada berenang di lautan hiu.”
      • Metafora Campuran adalah suatu jenis majas metafora yang mencampurkan perbandingan secara serempak, yang tidak sesuai atau tidak masuk akal. Contoh majas metafora campuran  “Di saat malam dingin seperti ini, dia berubah menjadi api dan asik dengan tabuhan drumnya sendiri.”
      • Metafora Root adalah suatu jenis majas metafora dengan perumpamaan sederhana dan biasa diguunakan dalam bahasa sehari-hari. Contoh majas metafora root “Hidup adalah menapaki jalan berliku”, atau “Kamu menghancurkan hatiku.”
      • Metafora Konseptual adalah suatu jenis majas metafora yang memasukan satu subjek dan mengumpamakan dalam istilah yang berbeda. Metafora konseptual disebut juga majas penggati. Contoh majas metafora konseptual “Engkau surya yang menyinari pagiku dan engkau embun pagi menyejukan hatiku.”

    • Majas Hiperbola
      Pembahasan selnajutnya "Apa yang dimaksud majas hiperbola?" dan "Jelaskan pengertian majas hiperbola!"
      Berikut penjelasan tentang pengertian majas hiperbola adalah suatu majas yang mengandung gaya bahasa yang melebih-lebihkan suatu hal. Secara etimologi kata hiperbola berasal dari bahasa yunani hyperbole yang memiliki arti berlebihan. Majas ini terdapat kata kerja atau juga kata benda yang seakan-akan memiliki kelibihan luar biasa seperti menggelegar, membara, mengguncang, seluas lautan, setinggi gunung, dan lain-lain. Lawan majas  hiperbola ini adalah majas litotes.

      Pembahasan selanjutnya "Berilah contoh majas hiperbola!" atau "Sebutkan contoh-contoh majas hiperbola!"
      Berikut ini merupakan contoh-contoh dari majas hiperbola.
      • Suaramu menggelegar sampai keluar ruangan.
      • Harga kebutuhan pokok meroket tinggi.
      • Sepedamu secepat kilat.
      • Kegigihannya setinggi langit yang takkan runtuh.
      • Dia memiliki ilmu seluas samudra.
    • Majas Simile
      Pembahasan selanjutnya "Apa yang dimaksud majas simile?" dan "Jelaskan pengertian majas simile!
      Berikut penjelasan tentang pengertian majas simile adalah suatu majas yang mengandung gaya bahasa yang menggunakan kata ungkapan untuk mebandingan dua hal yang berbeda seolah-olah sama. Majas simile terdapat kata ungkapan yang digunakan seperti ibarat, laksana, bak, bagaikan, dan lain-lain.
      Berikut penjelasan tentang pengertian majas simile adalah suatu majas yang mengandung gaya bahasa yang menggunakan kata ungkapan untuk mebandingan dua hal yang berbeda seolah-olah sama. Majas simile terdapat kata ungkapan yang digunakan seperti ibarat, laksana, bak, bagaikan, dan lain-lain.

      Pembahasan selanjutnya "Berilah contoh majas simile!" atau "Sebutkan contoh-contoh majas simile!"
      Berikut ini merupakan contoh-contoh dari majas simile.
      • Kamu laksana bunga mekar di pagi hari. (tujuan untuk memuji - manusia dan bunga adalah dua hal berbeda tetapi seakan-akan sama)
      • Kamu tamu tetapi ibarat raja. (tujuan untuk mengkritik tamu dan raja adalah dua hal berbeda tetapi seakan-akan sama)
      • Membayangmu ibarat membayangkan kegelapan. (tujuan untuk mengkritik - manusia dan kegelapan adalah dua hal berbeda tetapi seakan-akan sama)
      • Hidup di negaramu bagaikan hidup di penjara. (tujuan untuk mengkritik - negara dan penjara merupakan dua hal berbeda tetapi seolah-olah dianggap sama)
    • Majas Alegori
      Pembahasan "Apa yang dimaksud majas alegori?" dan "Jelaskan pengertian majas alegori!" 
      Secara etimologis alegori berasal dari bahasa Yunani kuno “allegorein” yang berarti bicara sebaliknya. Pengertian majas alegori adalah suatu jenis gaya bahasa yang menggunakan ungkapan kiasan untuk menjelaskan sesuatu. Oleh karena terdapat ungkapan kiasan serta penjelasan suatu hal, maka majas alegori ini juga termasuk dalam jenis majas perbandingan.

      Berikut penjelasan tentang pengertian majas alegori menurut KBBI diartikan sebagai cerita yang dipakai sebagai lambang (ibarat atau kias) perikehidupan manusia yang sebenarnya untuk mendidik tentang moral atau menerangkan sesuatu.
      Pembahasan selanjutnya "Berilah contoh majas alegori!" atau "Sebutkan contoh-contoh majas alegori!"
      Berikut ini merupakan contoh-contoh dari majas alegori.
      • Bayi yang baru dilahirkan seperti halnya kertas putih. Ia begitu bersih dan tiada dosa. Oleh karena itu, rawatlah dia dengan sepenuh hati-hati. 
      • Tuliskan tinta emas di setiap lebar kehidapanmu. 
      • Lukislah hidupmu dengan warna yang indah mulia.
      • Banyaklah beribadah sebagai bekal perjalanan yang jauh.
    • Majas Eufimisme
      Pembahasan pertama "Apa yang dimaksud majas eufemisme?" Jelaskan pengertian majas eufemisme?  Berikut ini penjelasan tentang pengertian majas eufemisme adalah ungkapan yang diperuntukan untuk memperhalus suatu ungkapan yang kurang baik atau tidak sopan.

      Menurut KBBI edisi III 2001, eufemisme merupakan ungkapan yang lebih halus sebagai pengganti ungkapan yang dirasakan kasar , dianggap dapat merugikan atau tidak menyenangkan.

      Secara etimologi kata eufemisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu "eu" (bagus) dan "phemoo" (berbicara). Eufemisme berarti berbicara dengan ungkapan yang baik dan sopan.
      Pembahasan keempat "Berilah atau sebutkan contoh-contoh majas eufemisme!"
      Kita sering menggunakan majas eufemisme dalam percakapan sehari-hari, berikut ini contoh dari majas eufemisme.
      • Bolehkah menumpang ke kamar kecil? (lebih sopan dibandingkan dengan ungkapan "tempat kencing")
      • Saya ijin ke kamar kecil sebentar.
      • Dia bekerja sebagai pramuniaga di toko itu. (lebih sopan dibandingkan dengan ungkapan "penjaga toko")
      • Saya ingin ke belakang dulu. (lebih sopan dibandingkan dengan ungkapan "toilet")
      • Dia tidak naik karena kurang belajar. (lebih sopan dibandingkan dengan ungkapan "bodoh")
      • Dia belum bekerja sampai sekarang. (lebih sopan dibandingkan dengan ungkapan "pengangguran")
    • Majas Sinekdoke
      Pembahasan tentang "Apa yang dimaksud majas sinekdoke?" dan "Jelaskan pengertian majas sinekdoke!" 
      Berikut pengertian majas Sinekdoke adalah suatu majas yang mengandung gaya bahasa yang menggunakan ungkapan suatu bagian dari objek tertentu yang dapat mewakili kumpulan objek secara keseluruhan, ataupun sebaliknya menggunakan ungkapan kumpulan objek keseluruhan untuk mewakili suatu bagian dari objek tertentu. Majas ini sering dipakai dalam percakapan atau dalam penyampaian suatu berita. Penggunaan majas ini sudah lazim dan melekat pada setiap percakapan, baik disadari atau tidak.

      Jenis-jenis Majas Sinekdoke

      1. Majas sinekdoke pars pro toto adalah suatu majas yang menggunakan ungkapan  gaya bahasa sebagian dari objek untuk mewakili keseluruhan objek tersebut. 
        Berikut ini merupakan contoh-contoh dari majas sinekdoke pars pro toto.
        • Dia tidak menampkan batang hidungnya hari ini. (batang hidung mewakili seseorang)
        • Sepuluh ekor kambing dikurbankan pada hari raya idhul adha. (ekor kambing mewakili kambing secara utuh)
        • Sepucuk surat datang hari ini. (sepucuk surat mewakili lembaran-lebaran isi di dalam surat)
        • Sepetak tanah dijual kepada pembeli. (sepetak mewakili keseluruhan luasan tanah)
        • Contoh majas sinekdoke pars pro toto yaitu:
        •  Dia tidak menampakan batang hidungnya. 
      2. Majas sinekdoke totem pro parte adalah suatu majas yang menggunakan ungkapan gaya bahasa keseluruhan objek untuk mewakili bagian objek tersebut.
        Berikut ini merupakan contoh-contoh dari majas sinekdoke totem pro parte.
        • TNI berhasil mengambil alih kapal yang diduduki perompak. (TNI mewakili sebagian tentara yang mengambil alih kapal)
        • Indonesia berhasil menyabet mendali emas di kejuaran olympiade. (Indonesia mewakili atlet yang berlomba)
        • Indonesia berhasil merebut kembali ibu kota. (Indonesia mewakili para pejuang kemerdekaan)
        • Binatang liar memakan binatang ternak penduduk desa. (binatang liar mewakili macan yang memakan binatang  ternak ) (binatang ternak mewakili sapi dan kambing)
    Semoga artikel "Majas Perbandingan - Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Majas Perbandingan" bermafaat bagi Sobat Sahabat-ilmu.com, jangan lupa follow web kami. Terima kasih telah berkunjung di web kami.

    Posting Komentar

    0 Komentar