Header Ads Widget


Ticker

6/recent/ticker-posts

Majas Metafora - Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Majas Metafora

Penulis: Angger Reda Tama, S.Pd., Gr., MPd.

Assalamamu'alaikum Sobat Sahabat-ilmu.com semoga sehat selalu, kita akan membahas tentang majas metafora pada  penjelasan berikut ini.
A. Pengertian Majas Metafora
B. Tujuan dan Fungsi Penggunaan Majas Metafora
C. Ciri-ciri Majas Metafora
D. Jenis-jenis Majas Metafora
E. Contoh-contoh Majas Metafora


A. Pengertian Majas Metafora 

Sebelumnya kita harus tahu, "Apa yang dimaksud dengan majas metafora? "
Pengertian majas metafora adalah suatu majas yang dimana mengandung gaya bahasa frase kiasan atau bukan makna sebenarnya sehingga memiliki nilai estetika. Majas metafora ini sering digunakan pada karya sastra seperti puisi, pantun, syair, dan lain sebagainya.

B. Tujuan dan Fungsi Penggunaan Majas Metafora

Ketika Anda belajar bahasa dan sastra Indonesia, Anda akan mendapati pertanyaan, "Sebutkan tujuan dan fungsi penggunaan majas metafora!" 
Berikut ini penjelasan tentang tujuan dan fungsi majas metafora.
  1. Digunakan untuk menggambarkan suatu hal dengan perumpamaan lain.
  2. Untuk memperindah suatu karya sastra yang seperti pantun, puisi, syair, novel, dan lain sebagainya.
  3. Menabah perbendaharaan sinonim bagi pembacanya.
  4. Untuk memuji seseorang.

C. Ciri-ciri Majas Metafora

Jangan bingung ketika Anda menjumpai pertanyaan, "Sebutkan ciri-ciri majas metafora!"
Berikut ini penjabaran dari ciri-ciri majas metafora.
  1. Terdapat frase atau gabungan kata yang memiliki makna kias dari arti sebenarnya.
  2. Mengandung nilai estetika.

D. Jenis-jenis Majas Metafora

Ada beragam jenis metafora yang terdapat dalam karya sastra. Berikut ini merupakan jenis-jenis majas metafora.
1. Majas metafora mati adalah suatu jenis majas metafora yang lebih mudah dimengerti dan sering dipergunakan dalam karya sastra. Contoh majas metafora mati yaitu: “Kau belajan hatiku”, atau “Engkau panutan hidupku.” 

Penjelasan di atas dapat Anda gunakan jika mendapati soal "Apa yang dimaksud dengan majas metafora mati?", "Berikan contoh majas metafora mati!" dan "Jelaskan pengertian tentang majas metafora mati!"

2. Metafora Absolut adalah suatu jenis majas metafora yang membandingkan dua hal yang mana tidak mempunyai hubungan yang jelas atau untuk membuat titik beda yang mencolok. Metafora absolut  dikenal juga sebagai majas metafora paralogis atau majas antimetafor.

Contoh majas absolut atau paralogis atau antimetafor yaitu  “Kamu menggunakan jalan tali dengan nilai-nilainya di semester ini.”

Penjelasan di atas dapat Anda gunakan jika menjumpai soal "Apa yang dimaksud dengan majas metafora absolut?", "Berikan contoh majas metafora absolut!" dan "Jelaskan pengertian tentang majas metafora absolut!"

3. Metafora Kompleks adalah suatu jenis majas metafora yang terdapat unsur membandingkan dua subjek atau lebih. Contoh majas metafora komplek “Hidup tidak lebih dari kuali seorang tukang sihir yang penuh dengan zamrud.”

Penjelasan di atas dapat Anda gunakan jika menjumpai soal "Apa yang dimaksud dengan majas metafora kompleks?", "Berikan contoh majas metafora kompleks!" dan "Jelaskan pengertian tentang majas metafora kompleks!"

4. Metafora yang diperpanjang adalah salah satu jenis majas kumpulan majas metafora dalam satu paragraf untuk membuat perupamaan perbadingan yang mendalam.

Contoh majas metafora diperpanjang "Seperti dalam contoh klasik dari Romeo dan Juliet: “Cahaya apa yang menembus jendela di sana? Itu adalah cahaya bulan, dan Juliet adalah matahari! Bangkitlah, matahari cerah, dan bunuh bulan yang iri, yang sudah sakit dan pucat karena kesedihan.”

Penjelasan di atas dapat Anda gunakan jika menjumpai pertanyaan "Apa yang dimaksud dengan majas metafora yang diperpanjang?", "Berikan contoh majas metafora yang diperpanjang!" dan "Jelaskan pengertian tentang majas metafora yang diperpanjang!"

5. Metafora Tersirat adalah suatu jenis majas metafora yang membandingkan dua hal tanpa menggunakan istilah tertentu. Contoh majas metafora tersirat  "Menghabiskan terlalu banyak waktu bersamanya lebih buruk daripada berenang di lautan hiu”.

Penjelasan di atas dapat Anda gunakan jika menjumpai pertanyaan "Apa yang dimaksud dengan majas metafora tersirat?", "Berikan contoh majas metafora tersirat!" dan "Jelaskan pengertian tentang majas metafora tersirat!"

6. Metafora Campuran adalah suatu jenis majas metafora yang mencampurkan perbandingan secara serempak, yang tidak sesuai atau tidak masuk akal. Contoh majas metafora campuran “Di saat malam dingin seperti ini, dia berubah menjadi api dan asik dengan tabuhan drumnya sendiri”.

Penjelasan di atas dapat Anda gunakan jika menjumpai pertanyaan "Apa yang dimaksud dengan majas metafora campuran?" atau "Berikan contoh majas metafora campuran!" maupun "Jelaskan pengertian tentang majas metafora campuran!"

7. Metafora Root adalah suatu jenis majas metafora dengan perumpamaan sederhana dan biasa diguunakan dalam bahasa sehari-hari. Contoh majas metafora root “Hidup adalah menapaki jalan berliku”, atau “Kamu menghancurkan hatiku”.

Penjelasan di atas dapat Anda gunakan jika menjumpai soal "Apa yang dimaksud dengan majas metafora root?", "Berikan contoh majas metafora root!" dan "Jelaskan pengertian tentang majas metafora root!"

8. Metafora Konseptual adalah suatu jenis majas metafora yang memasukan satu subjek dan mengumpamakan dalam istilah yang berbeda. Metafora konseptual disebut juga majas penggati. Contoh majas metafora konseptual “Engkau surya yang menyinari pagiku dan engkau embun pagi menyejukan hatiku.”

Demikian mengenai ulasan tentang majas metafora baik dari pengertian metafora, macam-macam, fungsi dan hingga berserta contohnya.

Posting Komentar

0 Komentar